Kanal

Marpoyan Damai Juara Umum MTQ ke 49 Kota Pekanbaru

KECAMATAN Marpoyan Damai keluar sebagai juara umum MTQ ke 49 Kota Pekanbaru. Marpoyan Damai memuncaki daftar peringkat mengungguli Bukitraya di peringkat kedua dan Tenayan Raya di peringkat ketiga.

Setelah digelar selama lima hari, MTQ ke 49 Kota Pekanbaru ditutup, Kamis (14/4) malam kemarin. Penutupan MTQ kemarin malam ditutup pada tempat yang sama saat pembukaan, yakni Mesjid Paripurna Nurussalam  Kecamatan Bukitraya. Penutupan kemarin dilakukan oleh Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru Edwar S Umar dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)  serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pekanbaru.

Marpoyan Damai keluar sebagai juara umum dengan dengan nilai 91 dan perolehan juara satu 15, dua 4 dan tiga 4. Pada peringkat kedua duduk tuan rumah Kecamatan Bukitraya dengan nilai 52 dan perolehan juara satu 4, dua 9 serta tiga 5. Juara umum tahun lalu, Kecamatan Tenayan Raya harus puas berada di peringkat ketiga dengan nilai 49 dan raihan juara satu 5, dua 7 dan tiga 3.

Dibawah tiga juara ini, berturut-turut Kecamatan Sail berada diperingkat empat dengan nilai 38 diikuti Tampan di peringkat lima dengan nilai 32, enam Sukajadi dengan nilai juga 32, tujuh Payung sekaki 17, delapan Rumbai Pesisir 16, sembilan Limapuluh 14, sepuluh Rumbai 6, sebelaa Pekanbaru Kota 6, dan dua belas Senapelan dengan nilai 2.

Tropi juara umum diserahkan langsung oleh Wawako dan diterima Camat Marpoyan Damai Fiora Helmi.  Pada MTQ ini, dipertandingkan pula bazar dengan tampilan terbaik. Keluar sebagai juara satu Kecamatan Tenayan Raya, juara dua Bukitraya dan juara Tiga Marpoyan Damai.

Untuk perlombaan-perlombaan yang digelar, diantaranya yang keluar sebagai pemenang adalah. Pada Tilawah Dewasa Putera juara satu H M Nasir J amal dari Rumbai, dua Antoni Surya Putra Sukajadi dan tiga Nasrun Rumbai Pesisir. Pada bagian puteri juarai satu Nurhidayati Tenayan Raya, dua Nursyamsi Masari Payung Sekaki dan tiga Fitria Mayasari Tampan.

Tilawah remaja putera juara satu Amirullah Saputra Kecamatan Tampan, juara dua Jhoni kandra Kecamatan Limapuluh dan N Husna Kecamatan Sail. Pada bagian puteri juarai satu dimenangkan oleh Ainu Duha bukitraya, dua Ema Febriyanti Sail dan juara tiga Rahma Tika asal Kecamatan Rumbai.

Wawako dalam sambutannya mengapresiasi upaya panitia yang tetap menggelar MTQ secara semarak. "Semoga MTQ ini memberi semangat pada kita untuk banyak membaca Al Qur'an. Saya mengucapkan terimakasih yang sebanyak banyaknya pada seluruh panitia.  Dengan kesederhanaan alhamdulillah sejak dibuka sampai sekarang ini bisa kita laksanakan,'' katanya.

Ayat menggarisbawahi, pelaksanaan MTQ penting untuk menanamkan nilai-nilai islami Al Qur'an dalam kehidupan masyarakat.''Bagaimana  menerapkan nilai Al Qur'an dalam kehidupan keluarga. Al Qur'an tidak pernah salah, karena merupakan firman Allah SWT. Dengan mengucapkan alhamdulillah, pelaksanaan MTQ ke 49 secara resmi saya nyatakan ditutup,'' imbuhnya.(rio)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler