Kanal

Rampok ATM Bank Panin Diciduk, Sebelum Beraksi Bergerilya hingga Kuansing

RIAUIN.COM - Lima pelaku perampokan ATM Bank Panin di Jalan Tanjung Datuk, Pekanbaru dengan menggunakan senjata api (Senpi) akhirnya ditangkap Polda Riau.

Wadirreskrimum Polda Riau, AKBP Sunhot P Silalahi menjelaskan pelaku berjumlah 5 orang, diantaranya mereka ditangkap di Jakarta, Jawa Barat dan Pekanbaru. Aksi itu dilakukan pada 5 Maret 2023 yang lalu.

"Adapun barang bukti yang sudah kita sita yaitu 1 mobil, 1 sepeda motor yang digunakan para pelaku saat melakukan aksinya. Kemudian kami menyita 1 senjata api jenis makarov dengan beberapa butir amunisi," kata Sunhot, Rabu (15/3/2023).

Kata dia, 5 orang pelaku berinisial YP, WS, HW, AW dan ES sebelumnya sudah merencanakan aksi mereka tersebut. Para pelaku sebelumnya sudah berkeliling ke Kabupaten Kuansing, Siak bahkan Pelalawan.

"Mereka sebelumnya sudah keliling untuk mencari korban. Karena tidak ketemu di daerah yang ada di Riau, mereka membatalkan niatnya. Kemudian tanggal 4 Maret mereka melakukan penggambaran diseputaran TKP," sebutnya.

Kemudian, mobil yang mengangkut uang di ATM diikuti dari PT SII hingga ke TKP.

"Ada 3 orang pelaku yang diambil tindakan tegas terukur, pada saat pelaku sudah sampai di Riau, mereka berusaha melawan petugas saat hendak mengumpul bukti-bukti. Dua pelaku berinisial AW dan ES merupakan oknum TNI. Saat ini sudah berada di Denpom 13 Pekanbaru. Sedangkan eksekutor yang menembak pekerja pengisi ulang berinisial AW menggunakan senjata api," sambungnya.

Tambahnya, senjata api tersebut dimiliki oleh AW yang ia beli sejak tahun 2017 di Tanjung Priok seharga Rp15 juta. Sedangkan uang Rp100 juta hasil rampok mereka sudah dibagi-bagi para pelaku.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler