Kanal

Harimau Sumatera Kepergok Berkeliaran di Pemukiman Warga Suak Lanjut-Siak

RIAUIN.COM - Seekor Harimau Sumatera muncul di pemukiman warga di Kampung Suak Lanjut, Kabupaten Siak, Senin (16)1/2023).

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Genman S Hasibuan mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari Kanit Intel Polsek Siak mengenai adanya penemuan jejak yang di duga Harimau Sumatera di belakang pemukiman masyarakat.

"Tim menemukan jejak harimau tersebut di lokasi. Lalu tim menuju rumah warga bernama Pujiono, saksi mata yang melihat hewan buas itu melintas di depan rumahnya," kata Genman, Senin (23/1/2023).

Saksi mengatakan, harimau itu terlihat melintas sekira pukul 22.30 WIB di depan rumah jaga kebun semangka. Harimau tersebut berukuran besar dan mengarah ke Hutan Kota Arwinas. 

"Saat observasi, Tim di lapangan menemukan jejak di belakang dan samping rumah jaga kebun semangka binaan Baznas. Ukuran jejak  sepanjang 13 cm dan lebar 11 cm. Kemudian jarak langkah kaki depan ke kaki belakang 50 cm. Ukuran itu kurang lebih sama dengan jejak yang dijumpai di Desa Suak Lanjut," papar Genman.

Kemudian, petugas BKSDA melakukan pemasangan camera trap di lokasi temuan jejak terbaru. Tim juga mendapatkan rekaman camera CCTV dari Toserba yang merekam aktivitas Harimau Sumatera di depan yang berada di  Jalan Tengku Buang Asmara/Sapta Taruna sekita pukul 03.15 WIB dini hari. 

Tim gabungan memasang 2 camera trap dan 1 box trap dengan menggunakan umpan kambing. Hingga berita ini dirilis, Harimau Sumatera iti belum masuk ke dalam perangkap box trap untuk memakan umpannya.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler