Kanal

Tak Perlu Berlebihan Rayakan Malam Tahun Baru, Ini Himbauan Kapolresta Pekanbaru

RIAUIN.COM - Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Dr H Pria Budi menghimbau kepada khususnya seluruh warga Kota Pekanbaru agar tidak berlebihan dalam perayaan malam Tahun Baru 2023.

Ia berpesan kepada seluruh warga termasuk orang tua agar menjaga, mengontrol dan mengawasi anak-anak agar terhindar dari perilaku tidak terpuji di malam tahun baru tersebut.

"Kami mohon kiranya para orangtua di Pekanbaru agar mengawasi anaknya terutama yang masih pelajar. Terbukti hari ini rata-rata semuanya masih pelajar, kita tidak mau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada mereka semua," tuturnya, Rabu, (28/12/2022).

Khusus untuk pengaman malam pergantian tahun, Polresta Pekanbaru telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi yang bekerjasa dengan stakeholders terkait.

Untuk itu, Pihaknya akan menurunkan 912 personil gabungan dari Polda Riau, Polresta Pekanbaru, Satpol PP kota Pekanbaru, TNI dan Dinas Perhubungan. 

Seluruh personil gabungan itu akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan ditempatkan di sejumlah titik strategis keramaian.

"Kami sudah membagi 912 itu, sebanyak 384 personil disiapkan untuk pengamanan gereja dan 337 personil untuk mengamankan lokasi-lokasi berkumpulnya masyarakat di malam tahun baru," paparnya.

Kemudian, terkait pengamanan jalur lalulintas di malam tahun baru, pihaknya juga menurunkan 154 personil yang disiagakan untuk membantu kelancaran.

"Kita sudah buat skema pengalihan arus, terutama sepanjang Jalan Sudirman. Pada prinsipnya ini merupakan situasional, bila pada saat kami alihkan akan kami alihkan, apabila harus ditutup arus itu akan kami tutup. Dan apabila sudah landai, akan kami buka kembali, sistem buka tutup," sebutnya.

Untuk mengantisipasi tindak pidana, Polresta Pekanbaru juga menurunkan Mobile Team sebanyak 37 personil yang bertugas berkeliling untuk mengamati dan mengantisipasi tindak pidana yang terjadi di jalanan.

"Kami sudah menginventarisir di titik-titik jembatan Leighton 4, Flyover depan Mal SKA dan di sejumlah taman. Khusu untuk Flyover, akan ada tim yang berjaga di sana. Kita akan larang masyarakat berkumpul di atas jembatan karena ini sangat membahayakan," jelasnya.

Pria Budi juga berharap agar masyarakat tidak bermain petasan atau mercon dalam menyambut malam tahun baru nantinya. Ia juga mengingatkan kepada warga yang bepergian ke luar kota agar betul-betul mengecek keadaan rumah yang ditinggalkan.

"Pastikan betul keselamatan rumah yang akan ditinggalkan, kunci, listrik, kompor tolong dimatikan. Khusus untuk anak remaja  kami menghimbau kepada orangtua yang mempunyai anak yang masih remaja agar diingatkan betul agar tidak terjadi hal-hal yang tidak baik," ucapnya.

Selain itu, bagi kelompok-kelompok yang tergabung dalam geng motor, Pria Budi menegaskan bahwa pihaknya akan mengambil tindakan tegas.

"Tidak usah melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain. Kami selaku pengemban Hankamtibmas bertanggung jawab atas keamanan, sampai dimana pun akan kami cari. Ini sudah terbukti, tidak ada geng motor atau kelompok-kelompok yang melakukan tindak pidana di jalan yang lolos, pasti akan tertangkap," pungkasnya.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler