Kanal

Kemenaker Diharapkan Buat 4 Pelatihan Strategis di BLK Pekanbaru

RIAUIN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berharap Balai Latihan Kerja (BLK) Pekanbaru yang diserahkan ke Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dapat menjalankan pelatihan strategis ke depannya. 

"Setelah diserahkan ke pusat, kita ingin BLK Pekanbaru punya 4 pelatihan strategis sesuai usulan hasil FGD asosiasi pekerja, Kadin dan Disnaker," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau, Jonli, Jumat (26/2/2021). 

Adaun 4 pelatihan yang dimaksud Jonli diantaranya, pelatihan pengelasan,  mekanik mesin industri, mekanik alat berat dan kendaraan besar, serta operator alat berat dan kendaraan besar. 

"Seperti BLK di Samarinda, Kalimatan Timur yang dikelola Kemenaker juga terdapat pelatihan operator alat berat. Jadi kita di Provinsi Riau ingin seperti itu," harapnya.

Keinginan itu bukan tanpa alasan, menurut Jonli di Riau ada banyak alat berat yang beroperasi di perusahaan-perusahaan. Artinya ini peluang bagi anak-anak Riau jika memiliki keahlian 4 pelatihan itu. 

"Jadi besok tenaga kerja dibidang itu di Riau tidak ada lagi impor dari luar. Karena sudah banyak yang ahli karena mendapat pelatihan di BLK," tutupnya.--mcr/nal.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler