Kanal

Pantau Arus Mudik Lebaran, Bupati dan Kapolres Kuansing Cek Pos Pam dan SPBU

RIAUIN.COM- Kapolres bersama Bupati Kuansing dan unsur Forkopimda melakukan monitoring dan pengecekan Pos Pengamanan (Pam) lebaran.

Pengecekan tersebut dalam rangka pengamanan perayaan Hari Raya Idulfitri 1445H/2024 M dan memastikan alur mudik lancar dan aman.

Ada empat titik Pos Pam yang ditinjau, Pos Pam LubukJambi, Pos Pam Tanjung Pauh, Pos Pam Tugu Carano dan Pos Pam Cerenti. Monitoring dilakukan mulai pukul 11.00 Wib, Senin (8/4/2023).

Bupati Kuansing DR Suhardiman Amby saat berada di Pos Pam  memberi motivasi dan semangat kepada seluruh petugas agar selalu ikhlas dalam bekerja. Serta humanis dalam melayani pemudik.

"Bagi pemudik kalau ngantuk jangan paksakan diri. Silahkan beristirahat di Pos Pam. Kalau capek berhenti dulu," kata Bupati.

Kepada para supir, Bupati juga berpesan jangan ugal-ugalan dalam berkendara. Waspadai jalan licin, dan berhentilah ditempat yang telah disediakan.

Sementara itu, Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito juga berpesan kepada pemudik yang mengendarai kendaraan pribadi maupun angkutan umum agar jangan memaksakan diri seandainya kondisi mengantuk.

"Utamakan keselamatan, jangan paksakan kalau ngantuk. Istirahat dulu di pos pengamanan yang telah disediakan," ujar Kapolres Pangucap.

Kapolres menambahkan, saat ini arus mudik masih terpantau aman dan lancar. Namun pengendara patut waspada karena ada dua titik rawan di Kuansing.

Titik pertama di wilayah Tanjung Pauh Singingi Hilir. Dimana, kondisi jalan lumayan berbelok tajam dan rawan longsor. Sementara titik kedua berada di Bukit Batabuh.

Di Bukit Batabuh jalan menikung tajam dan rawan longsor. " Jadi dia titik ini pengendara mesti hati-hati dan tetap waspada," ucap Kapolres.

Siagakan Alat Berat.

Untuk mengantisipasi bencana longsor, Pemda Kuansing telah menyiagakan sejumlah alat berat di beberapa titik rawan tersebut.

"PUPR tetap siaga. Alat berat dan operator tetap standby. Sehingga arus mudik dan arus balik sepanjang wilayah Kuansing berjalan aman dan lancar " ucap Bupati Suhardiman Amby.

Tidak hanya PUPR. dinas kesehatan, Satpol PP dan Dinas Perhubungan juga diminta oleh Bupati agar tetap siaga. Siaga untuk mengantisipasi kemungkin terburuk terjadi.

"Saya perintahkan semua instansi terkait harus tetap siaga. Tetap standby di Kuansing " perintahnya.

Selain mengunjungi pos Pam, Bupati dan Kapolres Kuansing juga melakukan sidak ke sejumlah SPBU. Bupati menginginkan masing-masing SPBU mengakomodir kepentingan pemudik terlebih dahulu.

Pesan tersebut disampaikannya saat meninjau SPBU Sitorajo Kari, ia lantas memanggil menajer SPBU. "Tolong akomodir keperluan pemudik. Jangan sampai kehabisan BBM. Kalau ada kendala tolong hubungi dinas terkait," pesannya kepada manajer SPBU.

Bupati juga melarang SPBU melakukan penjualan pakai jerigen. Kecuali bagi pembeli yang memiliki kartu yang telah disediakan oleh Dinas Perdagangan.

Ikut dalam kunjungan tersebut, Waka II DPRD Kuansing Jufrizal, Dandim Inhu Kuansing, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR  serta OPD terkait lainnya.

Usai melakukan kunjungan, Bupati memberikan bingkisan kepada petugas yang berjaga di Pos Pam. (hen)
 

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler