Kanal

Lewat Program Pengolahan Air Gambut, PT KPI Unit Sungai Pakning Raih Penghargaan ISRA 2023

RIAUIN.COM- PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Sungai Pakning meraih penghargaan SILVER dalam acara Indonesia Social Responsibility Award (ISRA) 2023 dengan kategori Climate Changes Mitigation and Adaptation. Penghargaan ini diterima langsung oleh Manajer Produksi R Moh Kun Tauchid, di Solo, Jawa Tengah pada Kamis (22/6/2023).
    
Jr Officer I Comrel & CSR PT Kilang Pertamina Internasional Unit Sungai Pakning Rahmad Hidayat, menjelaskan apresiasi ISRA ini diberikan kepada PT KPI Unit Sungai Pakning atas keberhasilan Program Pengolahan Air Gambut Menjadi Air Bersih melalui instalasi FILAGAM yang memiliki dampak positif bagi masyarakat.

Rahmad Hidayat memaparkan, program ini  dilatarbelakangi Kondisi Sungai Dayang , salah satu Sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Siak mengalami degradasi kualitas air sebagai sumber air baku untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat. Diketahui air gambut memiliki warna keruh dan tingkat keasaam yang tinggi, sehingga penggunaannya tanpa pemrosesan dapat berdampak buruk bagi Kesehatan. Untuk mengatasi permasalahan ini, PT KPI Unit Sungai Pakning melalui Program Pengolahan Air Gambut Menjadi Air Bersih dengan instalasi FILAGAM, melakukan pengolahan air minum melalui Reverse Osmosis, budidaya air ikan sistem bioflok dan pertanian sayuran di pekarangan rumah.

Program tanggung jawab sosial lingkungan ini memiliki dampak signifikan bagi masyarakat Dusun Beringin Desa Lubuk Muda, Kecamatan Siak Kecil. Program ini berhasil menghemat biaya pembelian air bersih sebesar Rp87,9 juta/ tahun dan memberikan pendapatan sebesar Rp102,62 juta/ tahun.

Area Manager Communication, Relation, & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan, mengatakan Penghargaan yang diraih oleh PT KPI Unit Sungai Pakning dalam acara ISRA 2023 menjadi pengakuan atas keberhasilan dan dampak positif Program Pengolahan Air Gambut Menjadi Air Bersih dengan instalasi FILAGAM. Program ini tidak hanya memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat, tetapi juga menjaga lingkungan dan memperkuat hubungan antara perusahaan dan komunitas sekitar.

Manajer Produksi PT KPI Unit Sungai Pakning, R Moh Kun Tauchid, mengatakan Terima kasih kepada semua pekerja, mitra kerja, dan stakeholder Kilang Pertamina Internasional Unit Sungai Pakning yang terlibat dalam pelaksanaan ISRA 2023 dan melalui program ini dapat memberikan dampak positif dan kesejahteraan bagi masyarakat. -rls, nul

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler