Kanal

Bupati Bengkalis Ingatkan Warga Waspada Konflik di Tahun Politik

RIAUIN.COM- Bupati Bengkalis, Kasmarni mengingatkan warga Bengkalis khususnya di Kecamatan Mandau untuk tetap waspada akan terjadinya konflik dan perpecahan di tengah masyarkat, terutama di tahun politik sekarang ini. Berbagai informasi perlu disaring dan  jangan mudah percaya dengan berita hoaks, karena dapat memecah belah di tengah masyarakat.

Pernyataan itu disampaikan Kasmarni dalam sambutannya pada Safari Ramadhan hari kesembilan di Halaman Masjid Lailatul Qadar, Desa Harapan Baru, Kecamatan Mandau, Jumat (31/3/2023) sore.

"Kepada lurah dan kepala desa, serta masyarakat untuk bersinergi menjaga soliditas dan kondusifitas diwilayahnya masing-masing. Tahun ini adalah tahun politik, mari sama-sama sukseskan pesta demokrasi 2024 nantinya, dukung kinerja penyelenggara pemilu, tetap waspada agar potensi konflik tidak terjadi. Hati-hati dan jangan mudah percaya dengan berita hoaks, termasuk jangan menyebarkannya. Karena dapat memecah belah rasa persaudaraan dan persatuan di antara kita," ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan Safari Ramadhan yang setiap tahun dilaksanakan merupakan ajang silaturrahmi antara kepala daerah dengan masyarkat. Momentuk ini dapat menjadi wadah untuk menyampaikan informasi sekaligus menyerap berbagai aspirasi yang berkembang di tengah masyarakat, sehingga bisa menjadi referensi untuk melaksanakan pembangunan kedepannya.

Dia mencontohkan, sejumlah kegiatan dan pembangunan akan dilaksanakan tahun 2023 di Kecamatan Mandau, seperti peningkatan jalan KUD menuju Simpang Tiga Pasar Harapan Baru, peningkatan jalan poros Desa Bathin Betuah, peningkatan jalan Kesuma Bakti Kelurahan Talang Mandi masing-masing dianggarkan Rp7 miliar dan perluasan jaringan perpipaan IKK Durolis Mandau dianggarkan Rp19,5 miliar. Semua itu merupakan hasil usulan masyarkat yang disampaikan kepada pemerintah.

Terkait antisipasi terjadinya peningkatan inflasi pada Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, Pemkab Bengkalis telah melaksanakan beberapa kebijakan, di antaranya menyelenggarkan pasar murah bersubsidi untuk keluarga kurang mampu atau keluarga miskin sebanyak 100.000 paket sembako se-Kabupaten Bengkalis, khusus Kecamatan Mandau telah dialokasikan sebanyak 35.700 paket, dan khusus  Desa Harapan Baru sebanyak 1.300 paket.

"Semua ini kami lakukan dengan tujuan untuk menjamin ketersediaan barang kebutuhan pokok, sekaligus sebagai salah satu upaya kita bersama dalam menstabilkan harga barang kebutuhan pokok di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, kami juga mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam penanganan inflasi, salah satunya dengan berbelanja lah sesuai kebutuhan. Kemudian memanfaatkan pekarangan serta lahan kosong untuk menanam, seperti cabe, sayuran dan lainnya," ujar Kasmarni.

Sebelumnya, Kasmarni bekesempatan menyapa dan bersilaturrahmi warga. Bulan suci Ramadhan,  adalah momentum yang paling tepat untuk saling berbagi kebaikan, rasa peduli serta membantu sesama dalam upaya memperkuat rasa persaudaraan.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan santunan dan bantuan untuk anak yatim dan kaum dhu’afa dan menyerahkan bantuan Rumah Layak Huni dari Baznas Kabupaten Bengkalis. Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan CSR dari Bank Riau Kepri Syari’ah yang diperuntukkan kepada sejumlah rumah ibadah, serta menyerahkan sembako program K3S dari Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis kepada penerima manfaat.

"Kami berharap bantuan dan santunan yang kami berikan ini, bermanfaat bagi penerima, serta digunakan dengan sebaik-baiknya. Kemudian dapat membantu meringankan beban selama  menjalankan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan tahun ini. Bantuan ini juga sebagai bentuk komitmen kami, serta kewajiban kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk selalu peduli terhadap warga kami, terutama kepada masyarakat kurang mampu yang berhak menerimanya. Untuk itu jangan lupa doakan kami supaya kami tetap Istiqomah dalam menjalankan amanah ini," ucap Kasmarni.

Seperti pada pertemuan sebelumnya, Kasmarni tidak bosan-bosannya mengimbau kepada warganya supaya hati-hati, jangan ada yang membakar lahan dan hutan. Berdasarkan laporan yang kami terima, yang terpantau 8 fire spot Karhutla dan telah membakar 2,39 hektar lahan di empat kelurahan yakni Batang Serosa, Air Jamban, Pematang Pudu dan Duri Barat.

Ikut bersama Bupati, Dandim 0303 Bengkalis, sejumlah pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, pengawas serta fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Tampak pula hadir juga anggota DPRD Bengkalis Septian Nugraha, Hendri, Camat Mandau Riki Rihardi bersama istri, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis Ketua DWP Bengkalis, Kepala Desa Harapan Baru serta para tamu undangan lainnya. -rls, vie

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler