Kanal

Keren, Desa Sei Kelelawar Hulu Kuantan Masuk Nomisasi 500 Anugerah Desa Wisata

RIAUIN.COM- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengumumkan daftar desa wisata yang lolos babak 500 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, pada, Sabtu (18/3)2023) kemarin.

"Alhamdulillah, Desa Sei Kelelawar masuk Nomisasi 500 besar Desa Wisata. Sudah diumumkan kemarin," kata Kadis Pariwisata Kabupaten Kuansing Azhar kepada Riauin.com, Ahad (19/3/2023).

Azhar menjelaskan, Desa Sei Kelelawar Kecamatan Hulu Kuantan itu satu satunya desa di Kuansing yang diusulkan kepada Kementerian untuk mendapatkan Anugerah Desa Wisata.

Desa Sei Kelelawar bersaing dengan 4573 desa yang diusulkan se Indonesia. Dan sampai saat ini sudah masuk 500 besar. Setelah itu akan disaring lagi menjadi 100 besar. Lalu nanti akan mengerucut menjadi 75 desa yang terpilih. Dari 75 desa tersebut akan dipilih lagi menjadi 10 desa.

"Jika sudah terpilih nanti, maka pak menteri akan mengunjungi desa desa yang terpilih. Dan otomatis akan mendapatkan uang pembinaan desa wisata dari pihak kementerian," tutur Azhar.

Menurut Azhar, Desa Sei Kelelawar diusulkan untuk mendapatkan anugerah Desa Wisata karena sudah memilih sarana penunjang ke dunia pariwisata. Misalnya, ada Arung jeram, ada lokasi kemping, tempat mainan anak anak dan ada komunitas masyarakat sadar wisata.

Karena memiliki semua komponen tersebut, maka Desa Sei Kelelawar pada tahun 2023 ini diusulkan untuk mendapatkan piagam Anugera Desa Wisata dari Kementerian Pariwisata. -hen
 

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler