Kanal

Rapat Kerja IKA Unri Dukung 3 Nama Tokoh Riau Jadi Pahlawan Nasional 2023

RIAUINCOM - Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau mendukung pengusulan tiga nama tokoh Riau sebagai pahlawan nasional tahun 2023. Hal tersebut dituangkan dalam rekomendasi Rapat Kerja Pusat Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau yang dilaksanakan di Siak Sriindrapura, 10-11 Desember 2022.

Ketua Pimpinan Sidang Rakerpus T Zulmizan F Assegaff menyampaikan hal tersebut kepada wartawan seusai kegiatan, Minggu (11/12/2022). 

"Semua peserta Rakerpus IKA Unri berharap ada tokoh Riau yang menjadi pahlawan nasional. Keputusan mendukung dan memperkuat usulan nama tersebut sejalan dengan visi misi IKA Unri," kata T Zulmizan.

Adapun ketiga tokoh tersebut adalah Sultan Siak ke-2 Tengku Buwang Asmara bergelar Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffarsyah dari Siak. Selain itu juga ada Mahmud Marzuki dari Kampar dan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau dikenal Marhum Pekan dari Pekanbaru.

Sementara itu akademisi Fisipol Unri, Saiman Pakpahan, mengatakan sebagai alumni universitas yang motto "jantung hati masyarakat Riau" sangat berkepentingan agar ada nama tokoh Riau kembali menjadi pahlawan nasional dari Riau.

"Ini kebanggaan kita, dan kami berharap agar rekomendasi ini juga akan diperkuat oleh alumni-alumni Unri sesuai posisinya agar tahun depan kita punya pahlawan nasional," kata Saiman yang juga alumni Fisip Unri.

Rakerpus IKA Unri yang digelar di Gedung Mahratu Kabupaten Siak tersebut dihadiri oleh Rektor Unri Prof H Aras Mulyadi dan Bupati Siak H Alfedri, Ketua Umum IKA Unri H Wan Muhammad Hasyim beserta seluruh perwakilan pengurus fakultas, wilayah, daerah IKA Unri se-Indonesia. - nal

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler