Kanal

Pengamat Nilai, Sikap PLT Bupati Kuansing Sudah Pas

RIAUIN.COM- Pengamat Hukum Tata Negara Zul Wisman SH MH menilai, sikap PLT Bupati Kuansing Drs Suhardiman Amby terkait bakal ada evaluasi kinerja Sekda sudah pas.

"Apa yang disampaikan PLT Bupati dah pas itu, Sekda selaku bawahan bupati dan menduduki jabatan tertinggi dari ASN di daerah harus mampu membantu bupati dalam  menagerial ASN," kata Dosen Universitas Riau ini menjelaskan.

Tanggapan ini disampaikannya terkait mulai retaknya hubungan Sekda Kuansing dengan PLT Bupati. Bahkan Plt Bupati Suhardiman Amby memberi sinyal bakal ada evaluasi jabatan Sekda pada Januari mendatang.

Menurut Zul, Sekda harus mampu mejadi leader dalam peningkatan kinerja ASN, dan ia harus bijak sebagai pembina kepegawaian. 

" Maka mungkin itu yang dilihat sebagai kelemahan oleh bupati. Maka, seorang ASN yang sudah sampai pada jabatan itu. makanya palingan secara politiknya bagaimana mempertahankan itu, atau kalau mau ya bertarung dalam pemilihan kepala daerah, itu hal umum yang sudah kita dapati pada seorang yang menduduki jabatan Sekda," tutur Zul.

Ketika diminta tanggapannya soal rencana Dedi Sambudi ikut berkompetisi memperebutkan jabatan Sekda Kampar, Zul Wisman mengaku sependapat dengan PLT Bupati.

"Ya,itu hak nya, silahkan saja, tapi bupati punya hak juga terkait mengajukan usulan pada gubernur terkait sekda ini, tentunya bupati melihat siapa yang bisa seirama dengan dirinya sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan,' ucap Zul Wisman.

Sekedar diketahui, PLT Bupati memberikan sinyal bakal ada evaluasi jabatan Sekda pada Januari mendatang. Tim evaluasi ditunjuk oleh Gubernur Riau.

PLT Bupati tidak menampik bakal ada pergantian  jabatan Sekda dalam waktu dekat. Menurut dia, pergantian mendatang berdasarkan penilaian hasil tim evaluasi.

"Penggantian tergantung evaluasi kinerja, disiplin dan Integritas sumpah jabatan yang akan dilakukan Januari nanti," ujarnya mengakui.

Menurut dia, kalau hasil evaluasi bagus , kinerja tercapai, loyalitas terukur, etoskerja dan disiplin baik, fungsi organisator berjalan normal, tidak melanggar sumpah iabatan, "Tentu kita pertahankan," urainya.

Namun sebaliknya, jika kinerja Sekda tidak sesuai dengan kriteria yang disebutkannya, maka jabatan Dedi Sambudi selaku Sekda Kuansing berpeluang untuk diganti.  hen

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler