Kanal

Harga Beras di Batanghari Alami Kenaikan Imbas BBM Naik

RIAUIN.COM - Harga beras kualitas premium yang sering dicari masyarakat sebagai bahan pokok pangan saat ini mulai mengalami kenaikan di Kabupaten Batanghari.

"Kenaikan harga beras ini terjadi pada beras kelas premium yang sering dikonsumsi  masyarakat, dimana kenaikannya mencapai Rp25 ribu untuk per karung 20 kilogram," kata pedagang beras, Dedi di Pasar Keramat Tinggi Muara Bulian, pada Jumat (16/9) dikutip dari antara.

Harga beras mulai merangkak naik seusai kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM sejak  3 September 2022 lalu.

Saat ini juga mulai berpengaruh terhadap harga bahan pokok pangan seperti yang terpantau di Pasar Tradisional Keramat Tinggi, Muara Bulian.

Ia menjelaskan untuk harga beras seperti beras Naruto baru yang sebelumnya seharga Rp215 ribu, kini menjadi Rp235 ribu, beras Raja baru dari harga Rp198 ribu kini menjadi Rp223 ribu, beras Raja lama dari harga Rp175 ribu naik menjadi Rp200 ribu dan beras Belida dari harga Rp208 ribu kini menjadi Rp232 ribu.

"Untuk harga beras berkualitas medium seperti beras Mangga tidak ada mengalami kenaikan atau masih seharga Rp180 ribu," katanya

Dengan adanya kenaikan bahan bakar minyak saat ini pihaknya mengakui dampaknya terasa bagi pedagang dan akibat kenaikan itu harga tersebut membuat konsumen mengalami penurunan. (*)
 

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler