Kanal

Buka Pesta Siaga, Gubri: Gerakan Pramuka Wadah Pembentukan Karakter

RIAUIN.COM – Gubernur Riau selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka yang diwakili oleh Asisten I bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Masrul Kasmy membuka Pesta Siaga Kwarda Riau bertempat di halaman Hotel Mona Plaza, Selasa (13/9/2022). 

Gubri dalam sambutannya yang dibacakan oleh Masrul Kasmy menyampaikan sungguh elok dan tepat anak-anak memilih kegiatan kepramukaan karena Gerakan Pramuka mengajarkan kedisiplinan, kemandirian serta budi pekerti. Dengan demikian diharapkan kelak menjadi generasi yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama serta keluarga.

Gubri sangat mengapresiasi diadakannya kegiatan Pesta Siaga Kwarda Riau Tahun 2022.

“Sebagai gubernur dan juga Ketua Mabida Gerakan Pramuka Riau saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dengan harapan ditempat lain juga dilaksanakan berbagai kegiatan serupa guna mendukung pendidikan karakter generasi muda, khususnya di Provinsi Riau yang kita cintai ini. Sehingga masa depan ananda dan generasi muda umumnya dapat berhasil dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan agama,” kata Gubri dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Masrul.

Gubri menambahkan Pramuka yang mempunyai kepanjangan dari Praja Muda Karana adalah para pemuda yang suka berkarya, generasi muda yang terampil, inovatif serta mandiri.

“Pendidikan kepramukaan tidak hanya membuat anak-anak kita lebih berkarakter dan berkepribadian positif, tetapi Pramuka juga mengajarkan bagaimana mengenal lingkungan sekitar. Mengenal sesama dan juga budaya dengan teman-temannya,” ujar Gubri.

“Semua hal yang dilakukan di atas, sangat membantu program pemerintah dalam upaya membangun di segala bidang, baik fisik maupun manusianya. Sehingga Insyaallah visi dan misi Provinsi Riau dapat tercapai” harapnya.

“Kami mengucapkan selamat dalam mengikuti pesta siaga Riau tahun 2022, raihlah impian dan cita-cita ananda dengan belajar dan bekerja secara tekun, sayangi dan hormati orang tua serta gurumu,” ucap Gubri dalam sambutan tertulisnya.

Sementara Ketua Kwarda Riau Kasiarudin dalam sambutannya menyampaikan Pramuka Siaga adalah anak-anak usia 7-10 tahun. Ada juga disebut Pra Siaga usia sebelum 7 tahun. Salah satu yang diucap oleh Pramuka Siaga adalah Satya Pramuka dan pentingnya mengajarkan nilai-nilai yang terkandung dalam kode kehormatan Pramuka Siaga.

“Jadi anak-anak kita ini dimudahkan untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan, nilai-nilai spiritual di hatinya. Jadi itu diucapkan sebagai misal Siaga itu dibimbing dia mengucapkan semacam janji bahwa ia akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa, NKRI dan taat kepada aturan keluarga. Itu Satya yang pertama,” kata Ilal sapaan akrabnya.  

“Lalu Satya yang kedua, Siaga itu setiap hari berbuat kebaikan, jadi anak-anak kita, kita giring,” tambahnya.

Lebih lanjut Ka Kwarda menjelaskan selain Satya, ada lagi namanya Darma. Kalau Satya adalah janji kalau Darma adalah komitmen Pramuka Siaga untuk berperilaku dalam kesehariaannya. 

“Di Siaga ada dua juga, namanya Dwi Darma, kami sebutkan disini Siaga berbakti pada Ayah dan Bunda. Lalu Siaga Berani dan Tidak Putus Asa. Dari kecil anak-anak kita arahkan, maka Siaga ini bermain sambil belajar,” jelasnya.

“Dalam permainan ada unsur pendidikan atau edukasi. Sehingga anak-anak kita menjelang dia tumbuh sesuai dengan psikologi atau umurnya terus kita tanam,” tambah mantan Kepala BPSDM Provinsi Riau ini.

Selain itu, Ka Kwarda menyampaikan setiap Kwartir Cabang mengirimkan peserta 6 putra dan 6 putri ditambah Pembina Pendampingnya.

“Mereka berkumpul disini mereka bermain. Walaupun disini isitilahnya lomba tetapi disitu adalah bermain, bersenang-senang mereka, sesuai dengan tema kita Cerdas, Ceria dan Berprestasi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Pesta Siaga Elly Agustina menyampaikan dalam laporannya pesta siaga adalah ajang pertemuan Pramuka Siaga yang dilaksanakan dalam bentuk perlombaan dan permainan yang dikemas dalam suasana yang menyenangkan.

Ia merupakan sarana pendidikan yang mengandung nilai-nilai pendidikan kepramukaan guna mewujudkan Pramuka yang Cerdas, Ceria dan Berprestasi.

“Kegiatan Pesta Siaga dilaksanakan tanggal 13-15 September 2022 bertempat di Hotel Mona Plaza Pekanbaru,” kata Elly.

Peserta Pesta Siaga Tahun 2022 adalah Pramuka Siaga utusan Kwartir Cabang se-Daerah Riau dan didampingi 1 orang Pembina per Barung.

Rinciannya sebagai berikut, Kwarcab Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kampar, Bengkalis, Kota Dumai, Kota Pekanbaru, Rokan Hulu, Siak, Pelalawan dan Kepulauan Meranti mengirimkan masing-masing 12 peserta dan 2 orang Pembina Pendamping.

Selanjutnya beliau melaporkan jenis kegiatan yang dilaksanakan yakni pertama, kegiatan lomba terdiri dari hafalan surat pendek, tanda pengenal seragam Pramuka, tali temali, hasta karya, melukis, puisi, dan baris berbaris, kedua kegiatan permainan ada keseimbangan tongkat, estafet balap karung dan memasukkan pensil dalam botol dan ketiga wisata ke Lanud Roesmin Nurjadin dan Museum Sang Nila Utama Pekanbaru.

Pembukaan ditandai dengan pelepasan balon dan pemasangan tanda peserta.

Hadir pada saat pembukaan, Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau Eva Yuliana, Kabinpotdirga Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Kes Novita Sinaga, Wakil Ketua Kwarda bidang pembinaan anggota muda Jon Haril, Andalan Kwarda, Tim Penilai, dan para Pembina Pendamping Pesta Siaga Kwarda Riau. - rls

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler