Kanal

Komisi III DPRD Provinsi Riau Kuntil ke UPT Samsat Kota Dumai

RIAUIN.COM- Komisi III DPRD Provinsi Riau melakukan Kunjungan Insidentil (Kuntil) ke Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Samsat Kota Dumai, Jumat (15/7/2022). Kunjungan tersebut guna mengetahui kondisi di lapangan terkait pelayanan terhadap pendapatan daerah dan berkoordinasi mengenai kendala penagihan dan penerimaan pajak tahun 2022 di UPT Samsat Kota Dumai.

Pada kesempatan itu Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Syafaruddin Poti mengatakan, kunjungan tersebut 
sekaligus untuk mengetahui potensi pendapatan daerah dari sektor Pajak Air Permukaan (PAP). Ini merupakan salah satu inovasi terbaru untuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Provinsi Riau.

"Kami mengunjungi kantor Samsat ini untuk memastikan target penerimaan pajak kendaraan bermotor, apa sudah sesuai target atau tidak. Gali terus potensi pendapatan daerah dari sektor Pajak Air Permukaan. Mengoptimalkan pendapatan asli daerah dari segala sektor harus dilakukan," kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Riau, Zulkifli Indra.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Riau Soniwati menyebutkan, seluruh petugas UPT Samsat Dumai, sudah bekerja maksimal, sehingga PAD Provinsi Riau dan Kota Dumai bisa lebih baik lagi ke depannya. 

"Maka itulah kami terus melakukan pemantauan ke seluruh UPT Samsat di Riau. Karena, di sini adalah salah satu tulang punggung PAD Riau," kata Zulkifli yang juga mendesak, agar UPTD Samsat yang ada di Riau meningkatkan pelayanan secara optimal, agar wajib pajak tidak terlalu lama menunggu penyelesaian urusan bayar pajak kendaraan bermotor.

Rombongan DPRD Provinsi Riau disambut hangat oleh Kepala UPT Samsat Kota Dumai, Raja Saspi Kurniawan, Kanit Regident Lantas Polres Dumai Iptu Andri, dan Kepala Perwakilan Jasa Raharja Rudi Elvis.

Pada pertemuan ini, Kepala UPT Samsat Kota Dumai menjelaskan perlunya sosialisasi tentang perundang-undangan sehingga diharapkan akan terjadi peningkatan pendapatan daerah di wilayah kerja UPT Samsat Kota Dumai.

Terdapat beberapa hal serta masukan yang telah didiskusikan dan diberikan oleh Komisi III DPRD Provinsi Riau. Raja Saspi Kurniawan mengatakan bahwa hal tersebut akan menjadi catatan untuk pihaknya.

"Terimakasih atas kunjungan Komisi III DPRD Riau. Masukannya menjadi catatan kami dalam meningkatkan PAD. Intinya, kami tidak akan biarkan wajib pajak terlalu lama menunggu hingga akhirnya jadi malas membayar pajak," ujarnya. ***

Rombongan Komisi III DPRD Riau sedang berbincang bersama Kepala UPTD Samsat Kota Dumai dan staf.

Ketua rombongan Komisi III DPRD Riau, Syafruddin Poti berdiskusi dan menyampaikan pendapatnya.  

Tampak staf dari UPT Samsat Riau dan DPRD Riau serius mencatat aspirasi dan masukan yang disampaikan. 

Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Riau, Zulkifli Indra

Anggota Komisi III DPRD Provinsi Riau, Soniwati

Kepala UPT Samsat Kota Dumai, Raja Saspi Kurniawan.

Staf UPTD Samsat Kota Dumai memberi penjelasan terkait PAD.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler