Kanal

Muhammadiyah Gelar Sholat Idul Adha 1443, Ribuan Jemaah Padati Kampus Umri

RIAUIN.COM - Ribuan jemaah memadati halaman  Kampus Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) dalam rangka melaksanakan ibadah Sholat Idul Adha 1443 Hijriyah, Sabtu (9/7/2022) pagi.

Berbeda dengan Idul Adha tahun lalu, pelaksanaan ibadah Sholat Idul Adha kali ini tampak meriah dan penuh keharmonisan.

Salah seorang jemaah, Evan mengatakan, ia sangat bersyukur dapat melaksanakan ibadah Sholat Hari Raya Idul Adha tahun ini, karena semenjak Covid-19 mewabah, kegiatan beribadah menjadi terbatas.

"Alhamdulillah, bisa beribadah seperti dulu lagi walaupun tetap menjaga protokol kesehatan, namun kita menjalankan Sholat Idul Adha dengan khusyuk tanpa ada rasa khawatir," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Riau, Dr H M Rasyad Zein MM mengatakan, selain di halaman Kampus Umri, pelaksanaan ibadah Sholat Idul Adha 1443 H tahun ini juga diselenggarakan dibeberapa lokasi di Pekanbaru diantaranya, di Mesjid Taqwa Muhammadiyah Srikandi, Mesjid Alfida Muhammadiyah, Mesjid Taqwa Muhammadiyah Cipta Karya, Mesjid Abubakar Muhammadiyah Labuh Baru, Mesjid Taqwa Komplek Panti Putra, Masjid Alfiqon Labuh Baru Timur, Masjid Taqwa Pasar Pusat, Mesjid Nurul Yaqin Marpoyan Damai dan halaman SMP Muhammadiyah 2 Simpang Tiga.

"Khusus untuk di Umri, sholat Idul Adha kali ini diimami oleh hafidz 30 juz dari mahasiswa Umri Fakuktas MIPA jurusan Farmasi," ujarnya.

Ditambahkan Rasyad, selain pelaksanaan sholat, pada tahun ini Umri akan melaksanakan penyembelihan 4 ekor sapi kurban yang direncanakan pemotongannya pada Senin, (11/7/2022). 

"Alhamdulillah, dari warga civitas akademika ada 2 ekor sapi, 1 ekor dari Bank BSI dan dari saudara kita dari Malaysia menyerahkan 1 ekor," katanya.

Menurut Rasyad, nantinya seluruh daging kurban tersebut akan dibagikan kepada warga RT/RW sekitar lingkungan kampus. 

"Dalam rangka menjalin silaturrahim melalui pelaksanaan Idul Adha dan kurban. Kami berterima kasih juga, pada kesempatan ini atas nama Pimpinan Muhammadiyah, Pimpinan Perserikatan Muhammadiyah, sekaligus Pimpinan Umri, semoga ini membawa berkah dan membawa jalan dakwah yang lurus hila sitlratil Mustaqim," tutupnya.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler