Kanal

Ini 3 Prioritas Pembangunan Usulan Desa Koto Kombu kepada Plt Bupati Kuansing

RIAUIN.COM - Di hadapan Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby, masyarakat Desa Koto Kombu, Kecamatan Hulu Kuantan, memohon agar tiga jenis pembangunan menjadi prioritas oleh Pemkab Kuansing untuk dibangun di desa tersebut.

Ketiga pembangunan itu adalah pembangunan kantor desa, pengaspalan jalan dari Koto Kombu menuju objek wisata air panas serta pembangunan rumah dalam ninik mamak IV Koto Lubuk Ambacang di Koto Kombu.

Saat sesi tanya jawab pada acara Musrembang Kecamatan Hulu Kuantan di pelataran kantor camat, Rabu kemarin (16/2/2022), Kades Koto Kombu Firdaus menjelaskan bahwa desanya sampai saat ini belum memilki kantor desa.

"Kami belum punya kantor desa, Pak. Kantor yang kami gunakan sekarang sudah tidak layak, dan itu dibangun dulu memakai dana desa bukan dibangun oleh Pemda," ujar Firdaus kepada Plt Bupati Suhardiman Amby.

Ketika ditanya kesediaan lahan, Firdaus pun menjelaskan, untuk lahan perkatoran masyarakat desa sudah menyediakan sekitar lebih kurang satu hektare. Di atas lahan tersebut, kini sudah berdiri sekolah PAUD dan TK. 

"Lahan sudah kami siapkan pak," ucapnya.

Sementara itu, pembangunan rumah dalam ninik mamak diperlukan karena pada saat ini rumah ninik mamak Kenegerian IV Koto Lubuk Ambacang sudah roboh. Namun lahannya masih ada dan bisa digunakan untuk pembangunan rumah ninik mamak yang baru.

Begitu pun juga pengaspalan jalan menuju objek wisata air panas, dimana Desa Koto Kombu merupakan daerah lintasan pintu masuk ke kawasan objek wisata andalan Hulu Kuantan tersebut.

Jika akses jalan diaspal oleh Pemkab Kuansing, maka, pengunjung akan semakin ramai lalu lalang melintasi Desa Koto Kombu. Dan tentu akan membawa dampak ekonomi yang positif bagi masyarakat setempat.

"Inilah tiga prioritas pembangunan yang kami butuhkan saat ini. Kami mohon pak bupati mengabulkannya," ujar Firdaus memohon.

Menanggapi itu, Suhardiman Amby meminta kepada dinas terkait agar memproses dan segera melakukan survei lapangan terhadap tiga usulan masyarakat Koto Kombu.

"Usulan kami terima, tolong dinas terkait segera lakukan survey lapangan," pinta Suhardiman Amby.

Sekedar diketahui, setiap tahun penyelenggaran Musrembang di kecamatan, masyarakat desa Koto Kombu selalu mengusulkan tiga prioritas pembangunan ini. 

Namun sampai saat ini ketiga usulan pembangunan tersebut tidak kunjung terealisasikan oleh Pemkab Kuansing. Padahal ketiga usulan itu sangat positif bagi pengembangan desa dan perekonomian serta memperekat hubungan adat istiadat. - hen

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler