Kanal

Aktifitas PETI di Pedalaman Kuansing, 5 Rakit Dompeng Dimusnahkan

RIAUIN.COM - Polisi melakukan penyisiran lokasi aktifitas Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Sikakak Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Minggu (13/2/2022) sekira pukul 10.00 WIB.

Kasi Humas AKP Tapip Usman SH mengatakan, lokasi yang menjadi sasaran razia kali ini ada di Dusun Tiga Desa Sikakak yang berjarak cukup jauh dari permukiman warga. 

"Untuk menuju kelokasi tersebut tidak bisa menggunakan kendaraan roda empat, bahkan jalan menuju kesana merupakan jalan setapak, yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua," ujarnya.

Menurutnya, lokasi tersebut selama ini belum pernah tersentuh giat patroli, mengingat lokasi yang sangat jauh dan tidak bisa dimasuki mobil, akibatnya mobil terhenti di jalan umum.

"Kami menaiki kendaraan roda dua, sesampai di lokasi, tim menemukan 5 rakit dompeng yang diduga sebagai alat melakukan aktifitas PETI, 5 unit dalam keadaan beroperasi aktifitas PETI. Pada saat personil tiba di TKP, para pelaku dompeng langsung melarikan diri ke arah hutan dan areal kebun sekitar lokasi dompeng," katanya.

Kemudian, terhadap 5 unit rakit PETI dan mesin dompeng dilakukan pemusnahan dengan cara merusak mesin dompeng agar tifak dapat dipergunakan kembali, dan mencopot filter oil.

"Selanjutnya Barang Bukti yang ditemukan berupa 5 unit filter Oil, 2 botol kecil air raksa, terakhir kata Wan, personil Polsek Cerenti memasang spanduk dilokasi tentang himbau larangan aktifitas PETI," katanya.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler