Kanal

Kajari Kuansing Sebut Pengusutan Tiga Pilar Terkendala Saksi Ahli

RIAUIN.COM - Hingga pertengahan Desember 2021 ini pengusutan kasus proyek tiga pilar masih jalan ditempat. Padahal, Kajari Kuansing Hadiman SH sebelumnya telah menargetkan kasus ini akan dituntaskan menjelang akhir tahun ini.

Kendati telah mendekati akhir tahun, pengusutan kasus tersebut masih seputar pemeriksaan saksi saksi serta melengkapi bukti bukti.

Pengusutan kasus ini, kata Hadiman, tinggal selangkah lagi. Yakni pemeriksaan saksi ahli. " Setelah ahli kami periksa, baru kami tetapkan calon tersangkanya," ujar Hadiman kepada Riauin.com.

Kata dia, pihak kejaksaan telah berulang kali melayangkan surat kepada ahli untuk diambil keterangannya, namun ahli tersebut tidak memenuhi panggilan tersebut.

"Melalui surat, pesan whatsApp mau pun kami telepon langsung sudah kami lakukan. Namun belum juga dipenuhi mereka," kata Hadiman.

Kendati demikian, jika ahli tidak juga berkenan memenuhi panggilan penyidik, maka pemeriksaan ditempat akan dilakukan. " Penyidik langsung yang akan datang kesana, kami lakukan pemeriksaan ditempat," tegasnya.

Demikianlah saking pentingnya keterangan ahli, kata Hadiman, sebab berdasarkan dari keterangan ahli ini semua proses yang mesti dilalui terkait proyek tiga pilar dapat diketahui.

Intinya kata Hadiman, kejaksaan Kuansing sangat serius untuk mengungkap kasus proyek yang menelan dana ratusan miliar tersebut. Sebab ke tiga proyek itu belum dapat dimamfaati boleh masyarakat Kuansing.

"Kami akan gass full khusus 3 pilar namun kendalanya hanya menuggu  ahli. Jika mereka hadir kami akan tetapkan hari tersangkanya," tutup Hadiman.

Sekedar diketahui, proyek tiga pilar itu meliputi pembangunan gedung Universitas Islam Kuansing (Uniks), Pasar Berbasis Moderen dan Hotel Kuansing.

Ketiga proyek ini mulai dibangun pada tahun 2014 lalu. Untuk membangun ke tiga proyek tersebut, APBD Kuansing menganggarkan lebih kurang 200 miliar. Namun sampai kini proyek tersebut masih mangkrak pembangunannya.
- hen

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler