Kanal

Seekor Tapir Betina Kena Jerat Berhasil Dievakuasi BBKSDA Riau, Kondisi Lemas Terbaring di Kebun Sawit

RIAUIN.COM - Seekor Tapir betina yang terjerat berhasil diselamatkan oleh tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya alam (BBKSDA) Riau, Kamis (28/10/2021). Berawal dari laporan masyarakat yang diterima Bidang KSDA Wilayah II bahwa seekor Tapir terjerat itu berada di wilayah Minas, Bengkalis. 

Plh BBKSDA Riau, Hartono  mengungkapkan, BKSDA Wilayah II menerima laporan ada seekor tapir yang terjerat, dalam keterangan resmi, Jumat (29/10/2021).

“Berdasarkan keterangan dari warga, Tapir pertama kali ditemukan oleh pekerja sawit sedang terbaring di bawah pokok sawit, kebun masyarakat,” sebutnya.

Akhirnya Tapir ditemukan dalam kondisi lemas dan terbaring di sebuah kebun sawit masyarakat. Berdasarkan keterangan dari warga, Tapir tersebut pertama kali terlihat oleh pekerja sawit sedang terbaring dibawah pokok sawit, kebun masyarakat.

Tim segera melakukan tindakan dan penanganan terhadap satwa tersebut dengan melakukan Identifikasi kondisi. Dari hasil identifikasi, Tapir itu berjenis kelamin betina dewasa dan terdapat dua luka akibat jerat. 

Hartono menjelaskan, pada kaki bagian kiri depan telapak kaki sudah putus akibat jerat dan hampir sembuh lukanya, sedang kaki kiri bagian belakang, baru terkena jerat. Tali jerat sudah putus namun daging dikaki sudah habis dan tinggal tulang.

“Mengingat luka jerat sudah cukup parah Tim segera melakukan evakuasi Tapir ke kandang evakuasi dan dibawa ke Pekanbaru untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan lebih lanjut,” sebutnya.-dn
 

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler