Kanal

Kapolres Kuansing dan Kapolres Sijunjung Pimpin Patroli di Kawasan Hutan Lindung Bukit Tabandang

RIAUIN.COM - Guna mencegah terjadinya aksi pembalakan liar di kawasan hutan lindung Bukit Batabuh areal hutan Bukit Tabandang, Polres Kuansing dan Polres Sinjunjung melakuan patroli bersama di kawasan hutan tersebut, Selasa (9/3/2021)

Patroli itu dipimpin langsung oleh Kapolres Kuansing, AKBP Hengky  Poerwanto dan Kapolres Sijunjung AKBP Andri Kurniawan.

Kegiatan patroli bersama itu dalam rangka pencegahan aksi pembalakan liar dan pengecekan bersama ke lokasi hutan lindung Bukit Batabuh Areal Bukit Tabandang, tepatnya di kawasan hutan lindung perbatasan Provinsi Riau dan Sumbar.

Pelaksanaan patroli dan pengecekan bersama tersebut diikuti sejumlah 38 personel dari Polres Kuansing, 45 personel Polres Sijunjung, 4 personel UPTD Sijunjung KPH Provinsi Sumbar, 2 personel UPTD Kuansing KPH Provinsi Riau serta 2 personel dari Dinas LHK Kabupaten Kuansing.

Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto kepada media menjelaskan, kegiatan bersama tersebut bertujuan mencegah dan mengantisipasi terjadinya pembalakan hutan lindung Bukit Batabuh areal Bukit Tabandang. 

"Saya bersama rekan saya Kapolres Sijunjung AKBP Andri Kurniawan memimpin langsung kegiatan patroli dan pengecekan, walaupun medan yang kami hadapi cukup berat dan membahayakan, tanah yang licin dan terdapat jurang curam, kami tetap semangat bersama seluruh personel Polri dan Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup guna mencegah terjadinya pembalakan hutan lindung ,” terang Kapolres.

Dikatakannya, selama pelaksanaan patroli dan pengecekan tersebut mereka tidak menemukan adanya aksi pembalakan liar. Kendatipun tidak menemukan adanya aksi pembalakan liar, namun pihaknya tetap menegaskan penyampaian larangan kepada masyarakat setempat yang tinggal disekitar lokasi hutan lindung untuk tidak melakukan aktifitas penebangan hutan.

"Kita harus bersyukur kepada Tuhan bahwa di wilayah kita ada hutan yang tumbuh subur sebagai sumber oksigen yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan, sehingga kita semua hendaknya berperan serta guna mencegah terjadinya pembalakan liar, mari kita jaga alam ini, sehingga alampun dapat menjaga kita dari malapetaka bencana alam,” ucap Kapolres Hengky.

Menurut perwira dua melati di pundaknya ini menitik beratkan betapa pentingnya menjaga kelestarian hutan lindung demi kelestarian alam, karena hutan lindunglah sebagai sumber oksigen terbesar yang dibutuhkan manusia.

“Bila hutan lindung dirambah oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dapat membawa malapetaka seperti bencana banjir bandang dan longsor,” tutup Hengky.--hen.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler