Kanal

Lantik 3 Kepala Daerah, Gubri Syamsuar Ingatkan Masalah Karhutla Jadi Prioritas

RIAUIN.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melantik 3 kepala dan wakil kepala daerah yakni, Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Kepulauan Meranti, pada Jumat (26/2/2021) di Balai Pelangi, Komplek Gubernuran, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Riau. 

Pasangan kepala dan wakil daerah yang dilantik adalah Kasmarni-Bagus (Bengkalis) kemudian, Paisal-Amris (Dumai) serta Mumamad Adil dan Azmar (Kepulauan Meranti). 

Serimonial pelantikan ini, juga dihadiri Wakil Gubernur Riau Edy Afrizal Natar Nasution, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi. Danrem 031/WB Brigjen TNI Sech M Ismed, pimpinan DPRD Riau. 

Prosesi pelantikan berjalan lancar. Ada pun diantara amanat yang disampaikan Gubri Syamsuar terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

Seperti diketahui, 3 daerah Bengkalis, Dumai dan Meranti selalu menjadi langganan Karhutla setiap tahunnya. Selain menjadi langganan, luasan Karhutla 3 daerah ini terbanyak selain Rokan Hilir dan Pelalawan. 

"Saya ingatkan, masalah Karhutla harus jadi prioritas selain persoalan Covid-19 dan program lainnya," kata Gubri. 

Menurut Syamsuar, penanangan Karhutla harus ditangani dengan terukur. Persoalan Karhutla jangan sampai menjadi momok, yang berakibat pada terganggunya sektor kesehatan, pendidikan, perekonomian dan sosial dimasyarakat. 

"Penanganan Karhutla harus dilakukan dengan terukur, jangan sampai menggangu kesehatan," papar Gubri.

Sementara dua Kepala dan Wakil kepala daerah Kota Dumai dan Kabupaten Kepulauan Meranti, usai melaksanakan pelantikan menyatakan kesiapannya melaksanakan sesuai dengan arahan terkait Karhutla tersebut. 

"Kami rapatkan nanti, sesuai arahan Pak Gubernur soal Karhutla," kata Bupati Meranti, Mumamad Adil. 

Hal senada juga disampaikan Wali Kota Dumai. Menurutnya, persoalan Karhutla merupakan menjadi diantara program prioritas yang akan dituntaskannya.--mcr/nal.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler