Kanal

Presiden BEM UIR Dukung Upaya LAMR Rebut Blok Rokan

RIAUIN.COM - Presiden BEM Universitas Islam Riau (UIR) Boy Novianto menyatakan dukungannya terhadap langkah Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) atas perjuangan masyarakat Riau dalam merebut dan mengelola Blok Rokan pasca lepasnya ladang minyak terbesar itu dari PT Chevron Pacific Indonesia.

"Kita patut bangga jika Blok Rokan bisa kita ambil alih dan bisa direbut dari asing. Ini saatnya kita yang mengelola dan harus menikmati hasilnya demi kemakmuran rakyat Riau. Terutama untuk pendidikan masyarakat Riau dan meminimalisir tingkat kemiskinan di Riau," ungkap Boy Novianto kepada wartawan, Rabu (24/2/2021) di Pekanbaru.

Dikatakannya, selama ini masyarakat Riau hanya sebagai penonton melihat dikeruknya kekayaan bumi lancang kuning, dan tidak ada perhatian khusus pemerintah untuk masyarakat Riau sendiri.

"Ini sebuah pencapaian yang luar biasa Yang dilakukan oleh LAMR karena perjuangan yang dilakukan selama 3 tahun sudah diambang kesuksesan. Selaku mahasiswa kami akan tetap  berjuang bersama untuk mendapatkan hak masyarakat Riau yang harusnya ini didapatkan sejak lama," lanjut Boy lagi. 

Lebih lanjut Boy mengatakan hal ini juga dapat sebagai contoh bagi daerah-daerah lain yang mempunyai kekayaan SDA melimpah, namun masyarakat disekitarnya tidak dapat menikmati kemakmuran yang harus didapat. Dirinya juga berharap kepada Pertamina kedepan sesuai dengan janjinya untuk memberdayakan masyarakat Riau.

"Tidak ada alasan untuk tidak memperkerjakan sumber daya manusia anak-anak Riau. Bisa dilakukan pelatihan secara terstruktur jika itu alasannya. Dan juga mahasiswa Riau kususnya harus diizinkan dan bahkan direkomendasikan untuk melakukan penelitian dan magang di perusahaan yang akan mengelola Blok Rokan," tutupnya. - rls

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler