Kanal

Destinasi Wisata Riau yang Masuk Iven Nasional 2021, Roni: Masih Nunggu Kemenparekraf

RIAUIN.COM - Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau Roni Rakhmat menjelaskan, pihaknya telah mengusulkan sejumlah destinasi wisata di Riau untuk ditetapkan sebagai kalender iven nasional tahun 2021.

Namun, Roni belum bisa menjelaskan lebih detail destinasi apa saja yang masuk kalender iven nasional, karena masih menunggu keputusan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Sudah diusulkan, nanti orang kementerian yang akan lounching,” kata Roni, Rabu (10/2/2021).

Rencananya, dari pihak Kemenparekraf akan melakukan lounching tersebut di bulan Februari 2021. Namun, Roni belum mengetahui tanggal pastinya. “Nanti saat lounching akan disampaikan. Saya duluan kan tak enak,” ujarnya.

Dijelaskan Roni, secara umum destinasi wisata di Riau yang didaftarkan dalam kalender iven nasional tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Namun diakuinya, ada beberapa tambahan destinasi wisata yang diusulkan tahun ini, salah satunya Kenduri Riau.

“Ada beberapa lah yang diusulkan (selain yang biasanya), seperti Bakar Tongkang, Pacu Jalur, dan lain-lainnya,” jelasnya.

Seperti diketahui, iven Bakar Tongkang dan Pacu Jalur, memang sejak dulu sudah masuk dalam kalender iven nasional yang disusun oleh Kemenparekraf.

Bakar Tongkang adalah sebuah tradisi masyarakat Tionghoa di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir yang sudah dilakukan sejak lama.

Objek wisata budaya ini, hampir setiap tahun pergelarannya mampu menyedot ratusan ribu wisatawan bagi domestik maupun mancanegara (sebelum pandemi).

Sementara itu, iven Pacu Jalur, juga merupakan salah satu wisata budaya di Riau, persisnya di Kabupaten Kuantan Singingi. Iven ini juga mampu menyedot ratusan ribu wisatawan dari dalam dan luar negeri.--mcr/nal.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler