Kanal

Kuansing Dinobatkan Kabupaten Sangat Inovatif di Indonesia

RIAUIN.COM - Kementerian Dalam Negeri menerbitkan Hasil Pengukuran Indeks Inovasi Daerah. Hasilnya, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) terpilih sebagai kabupaten sangat inovatif se-Indonesia. 

"Alhamdulillah, Kabupaten Kuansing mendapatkan pringkat kabupaten sangat inovatif, pagi ini piagam penghargaan sudah saya terima langsung dari Kemendagri," ujar Bupati Mursini melalui WhatsApp kepada Riauin.com, Jumat (18/12/2020).

Program ini merupakan program prioritas nasional yaitu kegiatan Penilaian Inovasi Daerah. Kegiatan ini merupakan bentuk pembinaan penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang dilakukan Kemendagri kepada daerah.

Penilaian ini dilakukan memenuhi ketentuan UU Pemerintahan Daerah dan PP Inovasi Daerah, dimana pemberian penghargaan sebagai tindak lanjut dari mewujudkan efisiensi dan efektifitas dalam pelayanan publik untuk menningkatkan kesejahteraan masyarakat, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, pemberdayaan masyarakat serta peningkatan daya saing daerah.

Adapun penilaian yang dilakukan Balitbang Kemendagri meliputi 3 aspek yaitu inovasi tata kelola pemerintahan, inovasi pelayanan publik, dan inovasi daerah lainnya sesuai bidang urusan yang menjadi kewenangan daerah.

Kemendagri menggunakan pendekatan indeks inovasi daerah yang terdiri dari 4 variabel meliputi input, proses, otput, dan outcome.

Bagi Pemerintah Daerah dengan kategori sangat inovatif dengan skor tertinggi mendapatkan penghargaan Inovative Government Award (IGA) 2020.

Diterimanya penghargaan tersebut adalah berkat terwujudnya peningkatan pelayanan publik melalui inovasi-inovasi pelayanan yang dilakukan oleh Pemkab Kuansing selama masa kepemimpinan Bupati Mursini.--hen.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler