Kanal

Pemkab Inhil Ikut Rakornas Pengendalian Inflasi 2020

RIAUIN.COM- Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang diwakili  Asisten II Setda Inhil ikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendali Inflasi 2020 secara virtual. Kamis, (22/10/2020). 

Rakornas bertujuan untuk mendorong kepala daerah dan jajaran Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) mensinergikan kebijakan stabilitas harga dengan kebijakan pemulihan ekonomi di daerah. Kebijakan pengendalian inflasi daerah akan menjadi bahan masukan untuk kebijakan pengendalian inflasi nasional.

Mengusung tema “Transformasi digital UMKM pangan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan stabilitas harga menuju Indonesia maju” Rakornas dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Dalam sambutannya Jokowi sebutkan, kondisi perekonomian Tahun 2020 sangat berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Kali ini kita dituntut mampu mempertahankan tingkat Inflasi agar tidak terlalu rendah. Inflasi harus kita jaga pada titik keseimbangan agar memberikan stimulus pada produsen untuk tetap berproduksi,” tutur Presiden RI.

Presiden RI berharap kebijakan pengendalian Inflasi tidak hanya fokus pada pengendalian harga tetapi juga daya beli masyarakat harus tetap terjaga. Untuk menjaga daya beli masyarakat, pemerintah Pusat telah menyalurkan skema program perlindungan sosial, mulai dari PKH, Bantuan Sosial tunai, BLT Dana Desa, Kartu Prakerja, Subsidi Gaji, dan Bantuan Sosial Produktif untuk bantuan modal Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Dengan berbagai skema bantuan sosial tersebut diharapkan akan meningkatkan konsumsi rumah tangga, dan akhirnya akan mendorong tumbuhnya suplai,” tutup Joko Widodo.

Masa Pandemi Covid-19 peran UMKM dinilai penting, menurut Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, saat krisis tahun 1998, sektor UMKM menjadi pahlawan ekonomi.

“Tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19 kali ini pun kita diuji. Mari kita buktikan dengan berkolaborasi bersama dengan UMKM, agar kita mampu melewati krisis ini,” pungkas Teten Masduki.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menegaskan, pemerintah harus mesti menjaga kestabilan harga barang agar tidak melonjak. Kolaborasi antar pemerintah pusat dan daerah menjadi hal penting saat Pandemi.

“Kita harus sama-sama kompak. Kita berbeda dari Negara lain, kita negara demokrasi. Pemerintah Pusat dan Daerah diminta untuk tetap menjaga konsistensi daya beli masyarakat,” ucap Tito Karnavian.

Rangkaian Rakornas diisi dengan pengumuman nominasi sekaligus pemenang TPID Award Tahun 2020, meliputi provinsi terbaik, kabupaten/kota terbaik dan kabupaten/kota berprestasi. -inf

 

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler