Kanal

Pengunjung Tempat Wisata di Riau Wajib Pakai Masker

RIAUIN.COM - Pengelola tempat wisata yang ada di Provinsi Riau diminta memperketat protokol kesehatan dalam menghadapi libur panjang akhir pekan nanti.

Hal tersebut disampaikannya Gubernur Riau Syamsuar saat rapat koordinasi (Rakor) dalam rangka mengantisipasi tingginya penularan Covid-19 di Provinsi Riau, di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (26/10/2020).

"Kepada daerah-daerah yang nanti juga akan dimanfaatkan untuk kegiatan wisata harus mampu mengendalikan dan menghindari kerumunan serta menerapkan protokol kesehatan," kata Syamsuar.

Disebutkannya, bagi pengunjung ke lokasi wisata harus menggunakan masker dan adanya pembatasan-pembatasan yang harus dipatuhi saat berkunjung.

Kemudian, ia meminta kepala daerah masing-masing kabupaten/kota untuk bekerja sama dengan Polres, Kodim, dan Satpol PP untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan di lokasi wisata.

"Sesuai arahan pemerintah pusat, tempat wisata tersebut boleh dikunjungi masyarakat tapi tentunya adanya pembatasan," sebutnya.

Gubri mengharapkan protokol kesehatan betul-betul dilaksanakan seperti menyediakan tempat cuci tangan, menyediakan masker sehingga jika ada pengunjung yang tidak pakai masker bisa diberikan masker agar tidak mengganggu kegiatan berwisata di daerah Riau.

"Contohnya Dumai dan Rupat ini nanti akan menjadi sasaran masyarakat Riau ke sana, karena orang sekarang banyak sekali memanfaatkan jalan tol untuk berwisata ke Dumai dan Rupat," ujarnya.

Syamsuar menambahkan, agar lokasi wisata menyediakan mikrofon toa untuk memberikan penyuluhan kepada pengunjung terkait pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

"Harus ada langkah-langkah kita supaya nanti tidak terjadi penambahan Covid-19 yang signifikan, usai liburan," terangnya.--mcr/nal.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler