Kanal

Datangi Kantor Desa, Warga Jaya Kopah Minta Bansos Kabupaten Kuansing Cair Sebelum Idul Adha

RiAUIN.COM - Sekelompok warga mendatangi Kantor Desa Jaya, Kopah, Kecamatan Kuantan Tengah, Sabtu (25/7/20).

Mereka mempertanyakan bantuan sosial (Bansos) Kabupaten Kuansing yang tak kunjung cair hingga saat ini. Padahal, bantuan lainnya seperti dari Bansos Kemensos dan BLT DD sudah beberapa kali dicairkan. 

Tak ayal, lambatnya pembagian Bansos kabupaten itu membuat pihak pemerintahan desa yang jadi sasaran kemarahan warga. 

Kepala Desa Jaya Kopah, Matnur saat berbincang dengan RiauIN.com via telepon, Ahad (26/7/2020) membenarkan aksi warga tersebut. 

Matnur menjelaskan puluhan warganya kemarin mendatangi kantor desa guna mempertanyakan kepastian pencairan Bansos kabupaten. Mereka, menurut Matnur, menginginkan bantuan itu harus dicairkan sebelum lLebaran Idul Qdha.

"Itu yang mereka minta. Pokoknya dicairkan sebelum Idul Adha. Karena masyarakat benar-benar membutuhkan," kata Matnur.

Di Desa Jaya Kopah, kata Matnur, masih ada 137 Kepala Keluarga (KK) yang belum mendapatkan bantuan. Ke-137 KK itu sudah diusulkan sebagai penerima bantuan sosial kabupaten.

"Warga 137 KK ini mempertanyakan kapan mereka akan menerima," ucap Matnur.

Dengan banyaknya desakan itu, ujarnya, pihak pemerintahan desa akan mencarikan solusi agar bansos tersebut bisa dicairkan sebelum Idul Aadha mendatang.

Salah satu solusi ialah dengan mencarikan pinjaman kepada pihak ketiga terlebih dulu. "Seandainya bansos Kabupaten tidak juga cair menjelang lebaran Idul Adha, terpaksa kami carikan pinjaman dulu. Nanti kalau mereka sudah cair baru dibayar," jelas Matnur.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler