Kanal

Dahsyat Petir di India, 130 Orang Tewas Kena Sambar Dalam 24 Jam

INDIA, RiauIN.com - Petir di India sedang mengganas. Lebih dari 130 orang meninggal akibat tersambar petir dan insiden terkait hujan di negara bagian Bihar dan Uttar Pradesh, India, dalam 24 jam terakhir. Demikian dilaporkan All India Radio (AIR), Jumat (26/6/2020).

Dari seluruh korban tersebut, 106 orang tewas dan 56 luka-luka di Negara Bagian Bihar. Sementara di Negara Bagian Uttar Pradesh 26 orang tewas.

"Sebagian besar korban adalah petani yang sedang bekerja di ladang," kata lembaga penyiaran kelolaan pemerintah, All India Radio (AIR), seperti dilansir Antara dari Xinhua.

Di Negara Bagian Uttar Pradesh yang berdekatan, sedikitnya 24 orang tewas dan 12 lainnya luka-luka akibat sambaran petir.

"Para korban tewas adalah mereka yang sedang bekerja di ladang atau sedang berlindung di bawah pohon saat petir menyambar," kata seorang pejabat di kantor manajemen bencana negara.

Pemerintah setempat telah mengumumkan bantuan keuangan untuk para keluarga korban meninggal. Pihak departemen meteorologi telah memperkirakan hujan deras dan petir akan terus berlangsung dalam tiga hari ke depan, khususnya di beberapa wilayah Bihar dan Uttar Pradesh.

Pemerintah menyarankan warga untuk tetap di dalam rumah dan menghindari kegiatan di luar selama cuaca yang tidak bersahabat.

Sementara itu, Perdana Menteri India Narendra Modi menyampaikan belasungkawa kepada para keluarga korban meninggal. 

India sedang dilanda monsun barat daya dan sebagian besar wilayahnya mengalami hujan lebat hingga sangat lebat, selain hujan ekstrem di sejumlah tempat tertentu.(fbh)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler