Kanal

Warga Pekanbaru yang Pernah ke Kantor Camat Bukitraya dan Puskesmas Rumbai Disarankan Tes Swab

PEKANBARU, RiauIN.com - Tim Gugus Tugas Provinsi Riau telah menyelesaikan tes swab bagi seluruh pegawai Kantor Camat Bukitraya dan Puskesmas Rumbai, Kota Pekanbaru. Semua sampel sudah diserahkan ke laboratorium biomolekuler RSUD Arifin Achmad untuk diuji. Hasilnya akan diumumkan dalam beberapa hari kedepan.

"Sekitar 50 sampel sudah diambil, hasilnya akan keluar besok atau lusa," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Provinsi Riau, dr Indra Yovi, Kamis (25/6/2020). 

Yovi menyadari, penyebaran virus Covid-19 itu tidak hanya kepada pegawai Kecamatan Bungaraya dan Puskesmas Rumbai. Untuk itu, ia berharap agar masyarakat Pekanbaru yang pernah datang kedua kantor itu dalam 14 hari terakhir agar memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan.

"Kalau ada masyarakat yang pernah ke Kantor Camat Bungaraya dan Puskesmas Rumbai kemudian pernah kontak erat dengan pegawai disana, tolong lah ikut tes swab,'' ajak Yovi.

Yovi meminta, siapa pun orangnya, janganlah takut ikut rapid tes dan swab. Karena, orang yang dirawat di ruang isolasi tidaklah seseram yang dibayangkan.

''Ruang isolasi itu tidak gelap dan menyeramkan. Hanya ada ruangan dengan dipenuhi alat-alat medis,'' sebut Yovi.

Jika telah berada ruangan isolasi, tak ada situasi yang menakutkan. Karena, memang kebanyakan pasien stres, karena isolasi.

''Pasien Covid-19 memang gampang stres, karena sendirian di ruang isolasi,'' ungkap Yovi.

Menurut Yovi, jika memang positif Covid-19. Isolasi memang wajib dilakukan, daripada yang terjangkit dapat menukarkan ke keluarga, kerabat dan orang lain.

''Tes swab dan perawatan di ruang isolasi dilakukan, agar orang tersebut sembuh. Kan dari pada menularkan kepada keluarga dan orang lain, kasihan,'' beber Yovi.

''Artinya kami bekerja bukan untuk kami. Kami bekerja untuk masyarakat," pungkasnya.(nal)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler