Kanal

Contoh Rohil Tangani Corona, Sangat Ketat Periksa Setiap Orang Masuk

PEKANBARU, RiauIN.com - Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menjadi satu-satunya daerah yang tidak ada kasus positifnya, sehingga menjadi kabupaten ini sebagai zona hijau di Provinsi Riau.

Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr. Indra Yovi memuji upaya Pemkab Rohil dalam mengantisipasi wabah Corona. Sebab,  Kabupaten Rohil sangat ketat dalam pengawasan dan pemeriksaan setiap orang yang masuk ke daerah tersebut.

"Tidak ada kasus positif di Rohil, kami pantau kekuatan poskonya sangat kuat," kata Yovi, saat menjadi pembicara dalam acara dialog Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Indonesia dengan tema "Zona Risiko Tinggi: Bagaimana Beradaptasi?" di Riau Command Center (RCC) , Selasa (23/06/2020).

Yovi menyebutkan, sebenarnya kabupaten/kota lainnya bisa melakukan hal tersebut dan mencontoh apa yang dilakukan Gugus Tugas Rohil, apalagi daerah tersebut memang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara.

Meskipun berada pada zona hijau dan tidak menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), namun semua mobil yang keluar masuk harus memastikan ada surat jalan, ada rapid test, dan mematuhi protokol kesehatan.

"Tidak boleh tidak harus menunjukkan persyaratan itu, kalau enggak memang disuruh putar balik," tuturnya.

Diakui Yovi, penerapan protokol kesehatan yang ketat tersebut kadang- kadang di beberapa daerah agak susah dijalankan dengan baik, karena ada fase jenuh dari masyarakatnya.

Justru paparnya, jika masyarakat lengah dan mengabaikan protokol kesehatan akan menjadi masalah baru dalam memutus penyebaran Covid19 di Provinsi Riau.

"Kadang-kadang kita memahami itu, tapi itu bukan alasan ini tidak bisa dibiarkan, justru memang harus ketat penerapannya," tutupnya. (mcr/nal)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler