Kanal

Kegiatan Pelatihan KUB Binaan Novita Dapat Dukungan Gubri Terpilih Syamsuar

PEKANBARU, Riauin.com - Kegiatan pelatihan keterampilan keluarga yang dilaksanakan kaum ibu di Kecamatan Tampan mendapat perhatian khusus dari Gubernur Riau Terpilih H Syamsuar.

Hal ini disampaikannya saat hadir ke kegiatan pelatihan keterampilan yang dilaksanakan KUB Binaan Ibu Novita, Selasa (22/1/2019) di Jalan Ikhlas Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Pekanbaru.

"Saya senang dengan kesibukan ibu-ibu seperti ini. Kegiatan ibu-ibu ini tidak hanya meningkatkan silaturahmi, tetapi yang lebih penting daripada itu, membantu ekonomi keluarga dan menyemarakkan usaha kreatif di daerah kita," kata Syamsuar.


Di hadapan ratusan ibu-ibu yang hadir, Bupati Siak yang tidak lama lagi akan dilantik menjadi Gubernur Riau ini menceritakan pengalamannya membina usaha ekonomi kreatif di Kabupaten Siak. Berdasarkan pengalaman dan jaringan yang dia miliki, hal ini akan diterapkannya nanti jika sudah menjadi gubernur definitif.

"Istri saya pandai menjahit baju. Mungkin ibu-ibu tak percaya, bahwa dari banyak baju yang saya pakai lebih banyak baju buatan istri saya daripada yang kami beli. Artinya kami bisa berhemat dalam membeli pakaian.

Apalagi kalau kaum ibu bisa menjual baju, makanan, atau produk kreatif lainnya. Ini yang kita harapkan bahwa kaum ibu adalah penopang ekonomi keluarga kalau kaum ibunya punya keterampilan. Saya senang dan tentunya akan mendukung hal seperti ini," sebut Syamsuar yang disambut tepuk tangan dari ibu-ibu yang hadir.


Syamsuar juga menceritakan anak-anaknya juga menekuni usaha kreatif sebagai bagian dari eksistensi diri kaum milenial.

"Anak saya itu tamat IPDN. Tapi dia punya kedai kopi. Kemarin satu buah, sekarang sudah empat. Sebagai orang tua pastilah saya mendukung, karena di usianya yang belia dia sudah bisa menciptakan lapangan kerja bagi yang lain," tambah Syamsuar.

Sementara, Pembina KUB di Kecamatan Tampan, Novita SE MPd, menyampaikan rasa terimakasih atas kesediaan waktu Gubernur Syamsuar untuk dapat hadir di kegiatannya.

"Kami sangat tahu bahwa bapak Gubernur kita punya pengalaman dan prestasi tentang pengembangan ekonomi kreatif dan ekonomi keluarga. Oleh sebab itu kami mengundang bapak untuk menunjukkan bahwa di Kecamatan Tampan juga ada pelatihan dan kegiatan serupa. Kelak jika diprogramkan bantuan pelatihan untuk kaum ibu seperti, KUB di Kecamatan Tampan tidak luput dari perhatian," ujar Novita, yang kembali disambut tepuk tangan meriah dari para ibu yang hadir.

Novita menjelaskan sejumlah kegiatan KUB yang dibinanya. Termasuk sejumlah ibu rumah tangga yang berhasil menjadikan skill dirinya sebagai pembuka lapangan kerja.

"Setahun lalu misalnya, ada seorang ibu yang tidak tahu menggunakan mesin jahit. Tapi berkat ketekunan dirinya dan Bu Nita sebagai instrukturnya, sekarang ibu tersebut sudah menyelesaikan puluhan bahkan ratusan baju yang memesan kepadanya. Sehingga ekonomi beliau terangkat, dan menjadi penyemangat bagi ibu-ibu yang lain Pak Gubernur," tutur Novita kepada Pak Gubernur.


Diantara tamu yang hadir tampak salah seorang tokoh masyarakat Tampan. Dalam sambutannya Yasman menyampaikan, keterampilan keluarga harus dimiliki setiap ibu rumah tangga. Oleh sebab itu dia melihat keberadaan KUB Binaan Ibu Novita di Kecamatan Tampan harus dukung oleh pemerintah dan pihak swasta.

"Oleh sebab itu, dengan ini saya turut menyumbang tiga buah mesin jahit yang dapat dipakai sebagai alat latihan bagi ibu-ibu disini," ujar Yasman. Lagi-lagi tepuk tangan ibu-ibu terdengar membahana.

Gubri Terpilih Syamsuar tiba di lokasi kegiatan Jalan Ikhlas Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Pekanbaru sekitar pukul 15.30.

Setiba di lokasi, Syamsuar disambut Pembina KUB di Kecamatan Tampan Novita SE MPd, Ketua Panitia yang juga penggerak KUB Nita, tokoh masyarakat Tampan H Yasman, Lurah Tuah Karya dan Camat Tampan yang terlambat hadir.*

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler