Kanal

Di Rohul, Satu Tanki Air Bersih Harganya Rp 120 Ribu

Riauin.com, Pasir Pangaraian - Untuk mendapatkan air bersih, terutama bagi masyarakat Pasir Pangaraian, Rokan Hulu (Rohul) non pelanggan PDAM, harus membayar uang sebesar Rp 120 ribu. Dengan nominal tersebut, warga bisa memperoleh air bersih sebanyak satu mobil tanki berkapasitas 5.000 liter air. 

Kondisi ini dibenarkan Kepala Bidang Kebersihan dan Air Bersih, Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Rohul, Teti Herawati, Selasa (25/10/2016) kemarin.

Diakuinya, untuk masyarakat non pelanggan PDAM yang membutuhkan air tetap diminta oleh petugas biaya atau retribusinya sebesar Rp 120 ribu per mobil Tengki. Biaya tersebut khusus untuk warga di sekitar Pasir Pangaraian. 

Sedangkan untuk luar kota akan dibebankan biaya operasional tambahan sebesar Rp 1.500 perkilo meter. Dalam sehari petugas penyediaan air bersih hanya mampu mengantar sebanyak 7 kali sehari.

"Karena lokasi pemesan air bersih tidak berdekatan, sehingga membutuhkan waktu lama. Sampai saat ini, bagi masyarakat yang memasan air bersih dari penyedia air bersih TRCK tidak ada komplain," kata Teti.

Meski demikian, ia mengimbau agar warga menghemat dalam penggunaan air bersih karena debit air sungai yang terus menerus menyusut, sementara kebutuhan meningkat. (red)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler