Kanal

Pemda Pelalawan Gandeng BRI Bangun Sistem Pembayaran Pajak

PELALAWAN, Riauin.com - Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya terkait pembayaran pajak daerah, Pemerintah Kabupaten Pelalawan bekerja sama dengan BRI Pangkalan Kerinci sedang membangun system pembayaran pajak daerah yang modern, efisien dan efektif melalui Pajak Daerah Online.

Dengan system pajak daerah online ini nantinya akan meningkatkan kecepatan dan jangkauan pelayanan melalui pemanfaatan channel BRI, baik konvensional melalui ribuan unit kerja BRI maupun e-channel (puluhan ribu ATM dan EDC).

Selain itu, nantinya pembayaran pajak dapat dilakukan melalui ratusan ribu agen Brilink yang tersebar di seluruh Indonesia, pengguna Internet banking BRI dan penguna mobile BRI.

Dengan pemanfaatan layanan BRI sebagai collecting agen maka wajib pajak tidak perlu lagi repot antri di loket pembayaran pajak. Karena pembayaran pajak dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja secara online system memanfaatkan kecanggihan fitur perbankan BRI.

Guna mesinergikan hal ini, sudah dilakukan penandatanganan MoU antara Pemkab Pelalawan dengan BRI , Senin (22/10/2018) lalu di Aula Gedung Bappeda kabupaten Pelalawan. Penandatanganan dilakukan Bupati Pelalawan HM Harris dan pemimpin Cabang Bank BRI Pangkalan Kerinci, Ainul wardi. Tampak hadir menyaksikan kepala Bappeda Pelalawan, Wakil Ketua DPRD Pelalawan dan tamu undangan lainnya.

Untuk tahap awal, system pembayaran pajak daerah online ini akan diterapkan untuk penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Melalui PBB online ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat penerimaan PBB di tahun mendatang.

System ini juga dapat menghindari pembayaran ganda karena jika suatu NOP PBB telah dibayar maka jika akan dilakukan pembayaran untuk NOP PBB yang sama akan ditolak oleh system. Karena untuk transaksi pembayaran yang telah dilakukan oleh wajib pajak akan otomatis meng-update database PBB Pemkab Pelalawan.

Dalam presentasinya Pemimpin Cabang BRI Pangkalan Kerinci, Ainul Wardi, menyampaikan bahwa System Pajak Daerah online ini sejalan dengan langkah Pemkab Pelalawan menuju Pealawan Smart city dan juga sejalan dengan program nasional yaitu Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Masyarakat diimbau untuk seminimal mungkin menggunakan transaksi tunai dan digantikan dengan metode non tunai melalui transaksi elektronik perbankan (e-channel dan e-banking) dengan kartu ATM, mobile banking dan internet banking karena di era digital saat ini trend transaksi ke depan adalah cashless/ non tunai.

Menurut penuturannya, langkah Pemkab Pelalawan menggandeng BRI sangat tepat dengan mempertimbangkan customer base BRI yang sangat besar, ribuan jaringan kantor BRI yang tersebar, memiliki Ratusan ribu agen Brilink yang tersebar hingga ke pelosok negeri dan puluhan juta pengguna internet banking BRI dan BRI mobile.

Semua itu dapat meningkatkan potensi pembayaran pajak yang mana dapat dilakukan dengan cepat, mudah dan efisisen. Baik bagi Pemkab maupun bagi warga. Dan yang terpenting pendapatan daerah akan diterima secara real time sehingga dana dapat langsung digunakan untuk menjalankan roda pemerintahan dan pembagunan Kabupaten pelalawan menuju Pelalawan EMAS.(int/nol)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler