Kanal

Pemprov Riau Siap Ikut Serta Kelola Blok Rokan

PEKANBARU, Riauin.com - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyambut baik harapan atau keinginan masyarakat agar Pemprov Riau berpatisipasi mengelola Blok Rokan.

Untuk ketahui, ladang minyak Blok Rokan itu akan berakhir pada tahun 2021. Saat ini Blok Rokan masih dikelola PT Chevron Pasific Indonesia (CPI). Sedangkan untuk perpanjangan pengelolaan ladang minyak tersebut mekanisme pembahasannya ada di pemerintah pusat.

"Yang namanya ada harapan stokeholder, lembaga dan masyarakat ingin kita ikut berpartisipasi atau memiliki konsesi ini tentu dengan mekanisme yang ada kita sampaikan ke pusat. Yaitu keputusannya di pusat," kata Gubernur Riau kepada wartawan, Selasa (31/7/2018).

Karena itu, pria yang akrab disapa Andi Rachman ini akan mengkomunikasikan keinginan tersebut ke pemerintah pusat. Bahkan saat itu gubernur menyatakan siap terlibat dalam pengelolaan Blok Rokan.

"Kalau kita menyatakan siap, kita siap ikut serta mengelola Blok Rokan. Nanti kan secara teknis ada persyaratan-persyaratannya, ini yang kita lihat nanti," paparnya.

Disinggung pengelolaan Blok Rokan yang membutuhkan padat dana dan Sumber Daya Manusia (SDM), Andi Rachman menyatakan kalau peraturan Menteri ESDM sudah ada terkait itu.

"Yang jelas siapapun yang ditunjuk pemerintah pusat mengelola Blok Rokan, sudah ada Participating Interest (PI) 10 Persen untuk daerah. Seperti yang kita urus sekarang ini, Blok Kampar dan Siak," cakapnya.

Sebelumnya Asisten II Setdaprov Riau, Masperi kepada wartawan menyatakan, Pemprov Riau dari sisi teknologi dan SDM sudah siap namun dia belum menjelaskan secara detail kesiapannya seperti apa.

"Yang jelas kesiapan SDM dan teknologi kita siap. Tapi untuk mengelola Blok Rokan ini tidak bisa Pemprov Riau sendiri, tapi ada BUMD yang kita siapkan," katanya.

Adapun BUMD yang disiapkan untuk terlibat  jika dipercaya ikut terlibat mengelola Blok Rokan yakni PT Sarana Pembangunan Riau (SPR), PT Riau Petroleum dan PT Bumi Siak Pusako (BSP).

Untuk BSP ini saham terbesar dimiliki Pemkab Siak. Namun sinergi ketiga BUMD diharapkan mampu ambil bagian dalam pengelolaan Blok Rokan yang berada di beberapa wilayah operasional ladang Migas seperti Kabupaten di Riau, Kampar, Rokan Hilir, Siak, Bengkalis dan Rokan Hulu.(int/nol)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler