Kanal

Bebaskan Sampah, DLH Kampar Lakukan Aksi Pungut Sampah

Bangkinang Kota, Riauin.com - Bersempena dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasioanal (HPSN) 2018 serta Tiga Bulan Bersi Sampah (TBBS) Pemerintah Kabuipaten Kampar melakukan aksi dan berbagi kegiatan yang dipusatkan di Pasar Inpres Ramayan Bangkinang Kota.

Kegiatan tersebut berupa Apel pasukan kebersihan, Aksi kebesihan dan Sosialisasi bebas sampah kepada masyarakat, hal ini dilaksanakan di pelataran Plaza Bangkinang pada Selasa, 21/2 yang diawali dengan pelaksanaan Apel pasukan kebersihan yang dipimpin oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar Ir. Cokro Aminoto.

Pasukan yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kampar, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar, dari Pihak Ramayana Plaza , Dinas Perdagangan Kabupaten Kampar,  Asosiasi pedagang pasar dan dari Kecamatan Bangkinang Kota, sebelum aksi melakukan apel kesiapan pembersihan pasar inpres Bangkinang.

Cokroaminoto dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari surat edran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang kerja sama peningkatan penanggulangan sampah, begitu juga terkait dengan program Pemerintah Kabupaten Kampar untuk meraih Piala Adipura untuk pertama kalinya, In sya Allah” Kata Cokroaminoto yang didampingi oleh Syarifuddin Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan para Kepala Bidang.

“Kita berharap kegiatan ini jangan hanya ingin meraih adipura saja, namun terus berkelanjutan dan betul-betul terealisasikan di masyarakat” Katanya lagi.

Oleh sebab itu ia menghimbau kepada tim pasukan dan petugas untuk kontiniu dalam melaksanakan dan menjaga kebersihan baik dirumah, perkantoran, maupun dijalan-jalan”Himbau Cokro lagi.

Berkaitan dengan Peraturan Menteri Lingkjungan Hidup dan kehutanan maka Pemerintah Kabupaten Kampar melaksnakn beberapa kegiatan yakni, Apel kebersihan, Sosialisasi program pengolahan sampah dan kebersihan dan Aksi pembersihan” Kata Cokroaminoto.

Ini telah kita deklarasikan oleh Bupati Kampar bersama dengan utusan Kementerian lingkungan Hidup dan Kehutanan beberap waktu yang lalu tepatnya bersempena dengan Hari Jadi Kampar ke 68 yang mana salah satu amanahnya adalah dimana dan bagi siapapun untuk peduli akan sampah, jangan malu dan segan untuk memungut walau sebatang punting rokok” Kata Cokro meniruikan Kata-kata Bupati Kampar Azis Zaenal.

Terakhir disampikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar Ir. Cokroaminoto pada apel peringatan Hari peduli sampah Nasional (HPSN)  2018 dan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) atas nama Pemerintah Kabupaten Kampar mengcupakan  terima kasih kepada seluruh peserta yang telah ikut melaksanakan, menjaga dan sosialisasi bebas sampah,dengan thema sayangi bumi bersihkan dari sampah, dengan tagline nasional bersih bisa kok, sementara untuk Kampar dengan tagline Bro sio bisa yo” seraya menambahkan Sosialisasi, gerakan kebersihan bagi perkankantoran pemerintah, jalan-jalan.

Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan di masyarakat melalui gotong royong.

Mari kita sampaikan pesan ini kepada seluruh masyarakat masyarakat agar secara kontiniu selalu berpola hidup bersih, mulai sekarang kita tanamkan sikap peduli sampah dan menjaga lingkungan yang dimluai dari perilaku jangan ada yang buang sampah sembarangan, semoga dengan kerja keras kita ini Kabupaten Kampar dapat meraih Piala Adipura membersihkan sampah di seluruh titik objek penilaian Adipura, serta lingkungan yang sehat dan asri” Kata Cokroaminoto lagi.

Pada Kesempatan tersebut pihak Plaza Bangkinang menyerahkan bantuan berupa tong sampah dan pot bunga yang diterima langsung oleh Kepal Dians Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar.(afni)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler