Kanal

Pemkab Inhil Optimis Bisa Menjadi Lumbung Padi Riau

PEMERINTAH Kabupaten Indragiri Hilir optimis dapat menjadi lumbung padi di Provinsi Riau, hal ini dinilai dari potensi alam dan lahan yang cukup baik di daerah itu.
    
"Selain itu pengembangan dan perluasan lahan pertanian juga masih memungkinkan," kata Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan di Tembilahan, Selasa.
    
Untuk itu, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir akan melakukan optimalisasi terhadap lahan-lahan di daerah Pesisir Riau ini yang bisa di tanam padi.
    
"Kemudian kami juga akan mengupayakan untuk memaksimalkan alat-alat pertanian guna mendukung tercapainya hasil padi yang maksimal dan mampu menjadi lumbung padi Riau," ujarnya.
    
Ia mengatakan saat ini beberapa penyedian sarana dan prasarana pertanian sudah mendapatkan bantuan baik dari Pusat maupun dari provinsi.
    
"Kabupaten Indragiri Hilir juga telah menganggarkan dana untuk penyediaan sarana/prasarana pertanian ini," sebutnya.
    
Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Indragiri Hilir Kuswari menyatakan telah menargetkan luas tanam padi di daerah itu pada 2016 ini seluas 28.000 hektare dari yang sebelumnya hanya 17 ribu hektare.
    
"Kami memang menargetkan luas tanam padi tahun ini seluas 28.000 hektare meski lahan yang tersedia hanya 26.000 hektare," katanya seperti dikutip dari Antara
    
Meski luas tanam yang tersedia hanya 26.000 hektare, katanya, pihaknya akan berupaya memenuhi target seluas 28.000 hektare itu.
    
"Salah satu cara yang telah kami lakukan ialah menanam padi kembali setelah panen, selain itu, pinggiran jalan raya menuju kota Pekanbaru terutama di daerah Pekan Tua juga sudah mulai ditanam padi," sebutnya.(riA)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler