Kanal

Agar Paham Tatacara Belanja Barang, 100 ASN Pemkab Inhil Ikuti Pelatihan Teknis e-Katalog

Tembilahan, Riauin.com - Sebanyak 100 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil, Riau pelatihan teknis e-Katalog, Kamis (28/9/2017).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Bappeda Inhil itu diikuti oleh pejabat pembuat komitmen dan pejabat pengadaan di lingkungan Pemkab Inhil.

Asisten 1 Setdakab Inhil, Darussalam saat membuka acara menuturkan, bahwa Pemkab Inhil menyelenggarakan kegiatan ini dengan maksud memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang tatacara pelaksanaan belanja barang dnegan teknis melalui e-katalog pada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Selain itu kita juga ingin mberikan pengetahuan umum tentang penyusunan Rencana Umum Pengadaan (RUP) yang" jelasnya.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi ini dikatakannya telah berdampak pada perubahan-perubahan yang mendasar dengan membawa bangsa ini menuju paradigma baru memasuki era Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

"TIK tersebut di arahkan pada ketersediaan jaringan Informasi dan data yang menghubungkan Instansi pemerintah dalam rangka optimalisasi pelayanan Umum, dimana pelayanan umum yang cepat, profesional, transparan dan lebih mudah, merupakan harapan dari seluruh masyarakat kita," lanjutnya.

Sebagai bagian dari pelayanan umum, pengadaan barang/jasa Pemkab ditambahkannya merupakan salah satu aktifitas yang mendapat sorotan dalam beberapa terakhir dalam pengadaan barang dan jasa mulai berkurang sejak diadakannya Pengadaan barang dan jasa secara elektronik (e-procurement) yaitu, pengadaan barang atau jasa yang di lakukan dengan menggunakan teknologi informasi dan transaksi elektronik sesuai dengan ketentuan perundan-undangan.

"Diharapkan kerjasama, keterlibatan dan kesungguhan semua pihak termasuk OPD di lingkungan Pemkab Inhil untuk menggunakan aplikasi sirup guna mengumumkan RUP di OPD masing-masing untuk menggunakan e-purchasing lewat e-Katalog dalam pengadaan atau jasa," tukas Darussalam.(sfc)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler