Kanal

Dua Pencuri Spesialis Motor Beat Diringkus, Pelaku Gunakan Magnet Modifikasi

RIAUIN.COM - Dua pelaku pencurian sepeda motor spesialis Honda beat berhasil diringkus Tim Opsnal Polsek Payung Sekaki.  Dalam beraksi, kedua pelaku dengan teknik baru menggunakan magnet. Magnet tersebut telah dimodifikasi pelaku untuk digunakan membuka kunci motor metik tersebut.

Kedua pelaku yang ditangkap yakni RE (30 tahun) dan IS (49 tahun). Mereka dibekuk di depan Indomaret Jalan Dahlia Kecamata Sukajadi Pekanbaru dan di wilayah Kecamatan Rumbai, pada Sabtu, 16 Maret 2024 lalu.

Kapolsek Payung Sekaki, Iptu Rejoice Benedicto Manalu mengungkapkan, aksi terakhir kedua pelaku terjadi pada Sabtu (9/3/2024) sore di rumah warga di Jalan Tuanku Tambusai Kelurahan Labuh Baru Barat, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru. Aksi tersebut terekam kamera CCTV yang berada di teras rumah tersebut.

"Tersangka melakukan pencurian kendaraan bermotor menggunakan magnet. Sebagai edukasi bagi masyarakat bahwasanya mengunci stang menggunakan tutup magnet ternyata juga tidak aman. Disarankan bagi masyarakat untuk mengamankan motornya menggunakan kunci ganda," kata Rejoice, Senin (25/3/2024).

Dijelaskan Rejoice, pelaku menggunakan magnet tersebut untuk membuka tutup kunci dari motor metik tersebut. Tersangka IS telah melancarkan aksinya di 30 lokasi berbeda di Kota Pekanbaru.

"Mereka spesialis pencuri motor beat. Motor apapun yang terparkir kalau tidak ada motor beat, tidak akan mereka ambil. Kalau ada motor beat rawan," terang Rejoice.

Pelaku beralasan lebih memilih mencuri motor metik jenis honda beat karena lebih gampang untuk dicuri dan dijual.

Dari pelaku disita 6 unit motor metik termasuk satu motor yang digunakan untuk beraksi. Motor tersebut dijual pelaku dengan harga bervariasi mulai dari Rp2 juta hingga Rp3 juta.

"Motifnya ekonomi, pelaku menjual motor ke
seorang kepada rekannya bernama Tepeng (DPO) sebesar Rp2 juta. Pelaku dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman diatas 2 tahun penjara," pungkasnya.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler