Kanal

Temui Warga Lipat Kain, Sukarmis Janji Perjuangkan Aspirasi Jika Terpilih Jadi Anggota DPR RI

RIAUIN.COM-Ratusan warga menyambut kedatangan anggota DPRD Riau H Sukarmis dan Wakil Ketua DPRD Kampar Riau, Repol SAg MIP saat bersilaturrahmi di Desa Lipat Kain Selatan, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Riau, Jumat (1/12/2023).

Warga terlihat akrab dengan Bupati Kuansing periode 2006-2011 dan 2011-2016 yang didampingi Ketua DPD Golkar Kampar, Repol, ini. Apalagi, Lipat Kain bagi Sukarmis tidak asing lagi. Merupakan kampungnya bermain sejak dulu hingga kini. Karenanya, warga Lipat Kain memandang tidak asing lagi dengan sosok Sukarmis.

"Bagi masyarakat Lipat Kain, Pak Sukarmis ini tidak asing. Beliau sering ke sini. Hampir tiap hari lalu lalang di sini. Ada disini tempatnya bermain," kata Kepala Desa Junaidi dalam sambutannya.

Warga pun tidak segan untuk menyampaikan aspirasinya secara langsung kepada Sukarmis dan Repol dengan cara senda gurau dan penuh keakraban. Aspirasinya bermacam-macam. Mulai dari dibutuhkannya pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan turap di sepanjang Sungai Kampar Kiri, pembangunan drainase, irigasi, semenisasi jalan pemukiman hingga kostum untuk kelompok yasinan.

"Kepada Pak Sukarmis, kalau seandainya terpilih. Kami ingin jadikan dibangun turap di Sungai Kampar Kiri, sungai tempatnya pacu sampan," kata Junaidi.

Tepian sungai ini, katanya, kian tergerus. Dan ini perlu dana pusat untuk membangun turap di sungai yang menghubungkan Sitingkai dan Rakit Gadang.

"Ini banyak rumah dan jalan yang terancam," katanya.

Dan kepada Repol, Junaidi berharap diurusnya SK kawasan. Karena kendala pembangunan seperti irigasi, drainase dan semenisasi, katanya, perlu SK kawasan.

"Itu kenyataannya sekarang. SK kawasan itu yang sulit bagi kami untuk mendapatkannya," ungkap Kades.

Mempertegas aspirasi turap, Repol berharap, aspirasi yang sudah lama diperjuangkannya ini bisa nantinya dipenuhi oleh H Sukarmis apabila terpilih menjadi anggota DPR RI.

"Kita berharap itu, Pak Sukarmis yang hampir tiap hari disini bisa nanti memperjuangkan turap di Sungai Kampar ini," harap Repol yang juga maju menjadi calon anggota DPRD Riau.

Melihat antusiasme warga, H Sukarmis pun semangat. Kendati sudah ada yang kenal, namun Sukarmis tetap dengan gayanya yang mudah akrab dengan bahasa yang mudah dipahami masyarakat memulai perkenalan.

"Tak kenal maka tak sayang. Tak sayang maka tak cinta. Jadi, saya berterima kasih bisa bersilaturrahmi dengan masyarakat Lipat Kain. Insya Allah, ini kampung saya, kampung kita, dan wajib diperjuangkan," katanya.

Namun masyarakat perlu memahami, bahwa realisasi aspirasi tidak bisa serta merta bisa. Karena harus diperjuangkannya ke pemerintah. Dan menurutnya, butuh proses dan perjuangkan.

"Itu sebabnya, kami di dewan ini merasa bersalah juga kepada masyarakat karena tidak bisa langsung merealisasikan aspirasi. Kadang direalisasikan cepat oleh pemerintah. Kadang lambat. Mintak hari ini, tidak bisa langsung. Namun, kami berkomitmen memperjuangkan aspirasi masyarakat," jelas Sukarmis.-naz

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler