Kanal

Dedi Irawan Sambut Ratusan Pendaki Gunung Merapi dari Negara ASEAN

RIAUIN.COM - Anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, Dedi Irawan menyambut kedatangan 200-an pendaki Gunung Merapi di Nagari Koto Baru, Kecamatan X Koto dari negara ASEAN, Sabtu (28/10/2023).

Kedatangan rombongan pendaki yang dipimpin Cik Khairil akan melakukan pendakian Gunung Merapi dengan tujuan membersihkan sampah plastik yang bertebaran di sekitar gunung.

Don't Dirty The Mountain, Don't Make Trouble merupakan slogan yang dicanangkan para pendaki dari negara ASEAN dalam melakukan aksi peduli lingkungan di sekitar gunung.

"Tentunya kita menyambut baik aksi kepedulian yang dilakukan ratusan pendaki gunung dari negara ASEAN. Dan ini menjadi tamparan bagi kita, khususnya para pencinta Gunung Merapi," kata Dedi yang juga Caleg DPRD Tanah Datar nomor urut 1 dari Partai Golkar ini kepada Riauin.com, Senin (30/10/2023) malam.

Dedi mengatakan, tahun depan bentuk kepedulian dari negara tetangga ini akan direncanakan dengan matang. Sehingga, kegiatan ini menjadi bagian dari hubungan bilateral antar negara ASEAN.

"Tahun depan saya akan membahas rencana ini dengan Pemkab Tanah Datar, agar menfasilitasi kegiatan ini dengan baik. Saya optimis, jika mampu melayani dengan baik dan para tamu yang datang memiliki kesan istimewa, tentu mereka akan menjadi duta promosi pariwisata Tanah Datar di negaranya masingmasing," jelas Dedi.

Ketua rombongan Cik Khairil mengaku kagum dengan keberadaan Gunung Merapi. Dia menyebutkan, gunung yang masih aktif, termasuk Merapi merupakan bahagian dari paru-paru dunia yang perlu dilestarikan.

"Kita berkewajiban untuk menjaga kelestarian gunung merapi ini," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Dedi Irawan juga berdiskusi dengan salah satu konsultan dan pelaku pariwisata Prof Ihsam dari Malaysia. Dia memiliki hotel dan beberapa tempat wisata di Malaysia.

Prof Ihsam berjanji akan memasarkan potensi pariwisata Gunung Merapi dan Singgalang di Malaysia, Singapura dan Prancis. Bahkan, Prof lhsam berniat akan mengirimkan salah satu manager di perusahaannya untuk menginventarisasi potensi yang ada di Gunung Merapi dan Singgalang.

"Nanti potensi di Gunung Merapi dan Singgalang akan kita promosikan di pasar wisata internasional," kata Prof Ihsam yang disambut baik oleh Dedi Irawan.

"Mudah-mudahan dengan semakin banyaknya pencinta alam di belahan dunia yang datang ke sini, tentu berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat sekitarnya," tutup alumni SMP 1 Padang Panjang ini.***

 

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler