Kanal

Diikuti Ratusan Peserta, BKPB Pemuda Pancasila Riau Gelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar

RIAUIN.COM - Badan Kesehatan dan Penanggulangan Bencana (BKPB) Pemuda Pancasila (PP) Riau, menggelar acara Bantuan Hidup Dasar (BHD) kepada sejumlah peserta dari organisasi kemasyarakatan. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Grand Elite, Pekanbaru pada Sabtu (28/10/2023) pagi.

Acara BHD ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Pemuda Pancasila ke-64 tahun 2023. Dalam acara BHD ini, PP Riau mengundang sejumlah organisasi kepemudaan dan masyarakat di Kota Pekanbaru seperti, Kreki, Pramuka, mahasiswa, Tagana dan PMI.

Pelatihan yang diikuti ratusan undangan juga dihadiri Ketua BKPB Pemuda Pancasila Dr Suratmin, Ketua MPW Pemuda Pancasila Riau, H Arsadianto Rachman, Kabid Kesehatan dan Penanggulangan Bencana MPW PP Riau, dr T Arfi Sulaiman SpAn, Komunitas Relawan Emergency Kesehatan (Kreki) Provinsi Riau, dr Benny Chairuddin, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang diwakili oleh dr Dahlia Eka dan sejumlah perwakilan organisasi kemasyarakatan lainnya.

Perlu diketahui, BHD adalah bantuan atau pertolongan pertama yang diberikan kepada seseorang yang mengalami cedera, kecelakaan atau sakit yang memerlukan medis dasar. Tujuannya untuk memberi pertolongan terhadap seseorang yang mengalami kondisi kritis atau gawat darurat.

Ketua BKPB PP Provinsi Riau, dr H Suratmin MKed, SpA mengatakan, Pelatihan Bantuan Hidup Dasar ini diikuti oleh 150 orang peserta di luar dari keluarga besar Pemuda Pancasila Riau.

"Pelatihan ini selain diikuti oleh keluarga besar Pemuda Pancasila Provinsi Riau, juga diikuti oleh 150 peserta dari organisasi kemasyarakatan, pelajar dan masyarakat, termasuk Kreki," ujar dr Suratmin.

Dijelaskannya, pelatihan BHD ini sangat penting dilakukan supaya setiap peserta siap dalam menanggulangi kejadian darurat dan dapat melakukan pertolongan kepada orang yang membutuhkan. 

"Selain agenda BKPB, Pemuda Pancasila Riau juga melaksanakan aksi sosial donor darah yang diikuti 100 pendonor yang dilaksanakan di sekretariat MPW Riau, Kamis (26/10/2023) kemarin," tuturnya.

Dr Suratmin berharap agar agenda ini dapat diselenggarakan secara berkelanjutan dan seluruh peserta yang hadir hari ini dapat meneruskan keahliannya kepada peserta yang akan datang.

Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Riau, H Arsadianto Rachman dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan acara yang terbuka untuk umum dan bukan hanya khusus bagi Pemuda Pancasila.

"Mudah-mudahan acara ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan bagi para peserta. Saya berharap acara ini sukses dan bisa berkelanjutan," kata Arsadianto Rachman.

Arsadianto Rachman memberikan apresiasi yang cukup tinggi kepada pengurus Pemuda Pancasila yang telah menggagas dan menyelenggarakan pelatihan ini dengan baik.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler