Kanal

Puluhan Tahun Kesulitan Air Bersih, Warga Muara Fajar Terima Bantuan Sumur Bor dari PHR

RIAUIN.COM  – Warga Muara Fajar, Kecamatan Rumbai Barat, Pekanbaru menerima bantuan sumur bor yang merupakan sumber air bersih dari PT Pertamina Hulu Rokan (PHR). Keberadaan sumur bor di tengah permukiman penduduk menjadi berkah tersendiri bagi warga. Sebuah harapan yang sudah lama mereka impikan. 

Mengapa tidak, lebih dari 30 tahun lamanya warga harus berjuang mendapatkan air bersih lewat sumur-sumur galian yang berada jauh di dalam perkebunan kelapa sawit.

Sumber air bersih bantuan PHR ini menyasar 26 kepala keluarga (KK) yang selama ini kesulitan air. Agar distribusi air merata, warga sepakat untuk membentuk pengurus pengelolaan air bersih. Segala bentuk aturan dan operasional diserahkan sepenuhnya kepada tim pengurus.  


Salah seorang warga, Awaluddin (76 tahun) menceritakan, untuk mendapatkan air bersih, dis harus menempuh jarak 150 meter dengan jalur menanjak dan menurun mendapatkan air bersih dari sumur galian di dalam kebun dan semak belukar. 

“Belum lagi ancaman hewan berbisa yang kerap kami temukan saat mengangkut air dari bawah (kebun sawit),” kata salah satu warga yang biasa dipanggil Awaluddin, Rabu (25/10/2023).

Kini, Awaluddin bersama seluruh warga RW 07 RT 01 dapat menikmati air bersih kapan pun ia perlukan untuk kebutuhan sehari-hari.  

“Sejak tahun 1980-an saya harus berjalan sejauh 150 meter mendapatkan air bersih. Tapi kini alhamdulillah, air bersih sudah  dekat di samping rumah. Terima kasih PHR,” ujar Awaluddin sumringah.  

Sementara itu, Lurah Muara Fajar, Muchlis, mengaku daerahnya memang termasuk wilayah yang sulit mendapatkan sumber air. Warga terpaksa mengeluarkan biaya cukup mahal bila ingin mendapatkan sumber air karena harus melakukan pengeboran sumur yang cukup dalam.  

"Alhamdulillah impian warga kami tercapai. Semoga sumber air bersih bantuan dari PHR ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga,” kata Lurah Muara Fajar Timur Muchlis.  

Manager Eksternal Communications and Stakeholder Relation (ECSR) South PHR Wan Dedi Yudhistira mengatakan, bantuan sumber air bersih merupakan wujud kepedulian PHR terhadap masyarakat sekitar wilayah operasi. Ini sekaligus komitmen PHR untuk terus tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. 

“Mari bersama-sama menjaga dan merawat sumur ini sebagai sumber kehidupan kita untuk hari ini dan masa yang akan datang," ujar Wan Dedi.(*)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler