Kanal

BMKG Deteksi 80 Hotspot Karhutla di Riau, Inhu Terbanyak

RIAUIN.COM - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi 80 titik panas (hotspot) kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau yang tersebar di 3 kabupaten. Hotspot terbanyak di Kabupaten Indragiri Hulu sebanyak 53 titik.

"Khusus di Riau, 27 titik hotspot itu berada di Kabupaten Kabupaten Pelalawan 1 titik, Indragiri Hilir 26 dan Inhu 53 titik," kata Forecaster on Duty BMKG SSK II Pekanbaru, Mia V , Minggu (15/10/2023).

Sementara, suhu udara dari pagi hingga malam hari di Kota Pekanbaru dan sekitarnya cerah berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Pelalawan, Bengkalis, Rokan Hilir, Siak, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru.

Jarak pandang pada berkisar antara 8 sampai 9 kilometer di Kota Pekanbaru dan sekitar dengan status udara kabur dan berkabut. 

Sesuai data ter-update BMKG Minggu (15/10/2023) pagi, kualitas udara di Kota Pekanbaru tergolong sedang. Hal ini tertera pada grafik yang menyentuh garis biru dengan angka 36,80 µgram/m3.

Soal kondisi kualitas udara, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Ramlan menjelaskan, bahwa hal ini masih dibawah ambang batas.

"Memang biasanya agak sedikit berkabut, hal ini disebabkan kelembaban yang masih tinggi karena cahaya matahari belum maksimal menyinari permukaan. Seiiring menjelang siang, sinar matahari maksimal menyinari permukaan sehingga cuaca kabur/kabut akan terangkat ke udara sehingga jarang pandang mulai clear," kata Ramlan.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler