Kanal

BMKG Deteksi 494 Hotspot Karhutla di Sumatera, Riau 23 Titik

RIAUIN.COM - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sebanyak 494 titik panas (hotspot) kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera. Keseluruhan hotspot itu terdeteksi di 6 provinsi. Hotspot terbanyak berada di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang berjumlah 382 titik.

Khusus di Riau, 23 titik hotspot itu satu titik berada Kabupaten Kampar, Rohul 1 titik, Siak 1 titik, Indragiri Hilir 6 titik, Indragiri Hulu 14 titik.  Sementara, cuaca di Kota Pekanbaru dari pagi hingga malam hari cerah berawan.

"Potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Bengkalis," kata Forecaster on Duty BMKG SSK II Pekanbaru, Anggun R, Kamis (28/9/2023).

Sementara titik panas juga terdeteksi di Provinsi Jambi 23 hotspot, Lampung 32, Sumatera Barat 16 dan Bangka Belitung 18 titik.

Jarak pandang di wilayah Pekanbaru dan sekitarnya masih normal, berkisar 5-7 kilometer dengan pandangan udara kabur di Kabupaten Indragiri Hulu dan Pelalawan.

Soal kondisi cuaca yang kabur, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Ramlan menjelaskan, bahwa hal itu disebabkan oleh adanya embun atau haze, bukan kabut asap.

"Memang biasanya (di pagi hari, red) agak sedikit berkabut. Hal ini disebabkan kelembaban yang masih tinggi karena cahaya matahari belum maksimal menyinari permukaan bumi. Menjelang siang, cuaca kabur/kabut akan terangkat ke udara seiring  sinar matahari yang maksimal menyinari permukaan sehingga jarak pandang mulai clear," kata Ramlan.

Sebelumnya, total 1.146,79 hektar (Ha) lahan di Provinsi Riau telah terbakar sejak Januari 2023. Sesuai data dari BPBD Provinsi Riau, Karhutla terluas terjadi di Kabupaten Bengkalis yang mencapai hampir 378 hektar. 

Selanjutnya di Kabupaten Rokan Hilir 230 Ha, Kota Dumai 112,87 Ha, Kabupaten Pelalawan 91,2 Ha, Kabupaten Kampar 74,84 Ha, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) 85,07 Ha, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) 49,20 Ha, Kabupaten Siak 41,32 Ha, Kota Pekanbaru 37,82 Ha, Rokan Hulu (Rohul) 26,40 Ha, Kabupaten Meranti 18,25 Ha, dan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) 2 Ha.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler