Kanal

Seekor Gajah Sumatera Ditemukan Mati di Hutan Tesso Tenggara Pelalawan

RIAUIN.COM - Seekor Gajah Sumatera ditemukan mati di wilayah Tesso Tenggara, Kabupaten Pelalawan, Senin (11/7/2023). Gajah berjenis kelamin jantan usia 10 tahun itu diduga mati akibat diracun.

Kepala BBKSDA Riau, Genman S Hasibuan menjelaskan, tidak jauh dari lokasi gajah mati itu ditemukan satu kantong gula merah yang diduga sebagai umpan yang dicampur dengan racun.

"Setelah dilakukan investigasi dan neurokropsi, kematian gajah diduga karena keracunan yang menyebabkan gangguan terhadap saluran pernapasan dan peradangan pada saluran pencernaan serta lambung," kata Genman, Rabu (12/7/2023) pagi.

Untuk mengetahui penyebab pasti kematian hewan bertubuh besar itu, BBKSDA Riau sudah turun ke lokasi. Selain itu petugas sudah menyisihkan organ dalam tubuh gajah guna dilakukan pengujian laboratorium.

Dijelaskan Genman, saat ditemukan, gading gajah itu dalam kondisi lengkap dan tak ada bagian tubuh yang luka maupun hilang.

"Lokasi kejadian ini merupakan areal terbangun yang sudah ditanami sawit oleh masyarakat yang berada di dalam areal konsesi HPHTI di Distrik Nilo Kabupaten Pelalawan," jelasnya.

Dia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membunuh hewan yang dilindungi itu agar tidak mengalami kepunahan.

"Saya menghimbau kepada masyarakat dan pihak terkait untuk sama-sama memberikan perlindungan terhadap gajah. Ditambah lagi mengingat fungsinya sebagai salah satu faktor mempercepat pemulihan ekosistem hutan dan sebagai titipan untuk generasi mendatang," pungkas Genman.
 

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler