Kanal

Persiapan Harvesting BBI dan BBWI, Pemprov Riau Gelar Rakor dengan Kabupaten/Kota

RIAUIN.COM - Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Gernas Bangga Berwisata Indonesia (BBWI) di Provinsi Riau akan memasuki masa Harvesting (panen) atau acara puncak yang akan diselenggarakan pada tanggal 28-30 Juli 2023 mendatang. 

Dalam persiapan harvesting tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama kabupaten/kota di Provinsi Riau, dipimpin oleh Asisten II Setdaprov Riau, M Job Kurniawan.

M Job Kurniawan mengatakan pada dasarnya ada 9 provinsi di Indonesia yang menyelenggarakan BBI dan BBWI ini.

Sebelumnya, Pemprov Riau telah melakukan kick off Gernas BBI dan BBWI bersamaan dengan event Festival Subayang di Desa Gema, Kabupaten Kampar, pada 10-12 Maret 2023 lalu. 

"Jadi sekarang kita akan mempersiapkan harvesting ini secara besar-besaran yang dapat memberikan kesan yang baik kepada masyarakat," ungkap M Job Kurniawan saat memimpin Rakor persiapan harvesting BBI dan BBWI di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau, Kamis (08/06/2023). 

Ia mengatakan bahwa Pemprov Riau bersama perwakilan kabupaten kota sudah menyepakati akan ada bazar atau kegiatan di Kantor Gubernur Riau pada 3 hari tersebut. 

"Kami sengaja mengundang sekretaris daerah dan Disperingkop se-kabupaten kota untuk sama-sama mendukung dan memeriahkan harvesting ini," kata M Job Kurniawan. 

"Harapan kita kepada UMKM yang ada di Riau sebagai bagian dari bangga produk Indonesia ini dapat memeriahkan harvesting pada Juli mendatang," pintanya. 

Asisten II Setdaprov Riau M Job Kurniawan menjelaskan, nantinya kegiatan harvesting ini akan dipusatkan di Halaman Kantor Gubernur Riau, yang mana akan hadir Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan, Kementerian Pariwisata, dan Menteri lainnya. 

"Kami akan melihat berapa banyak orang yang hadir, uang yang berputar, UMKM yang mengikuti dan memeriahkan penutupan harvesting BBI dan BBWI ini, serta seberapa banyak pelaku seni yang akan tampil," jelas M Job Kurniawan. 

Sebab menurutnya, hal ini juga bertujuan untuk memperlihatkan kepada masyarakat luas terkait potensi-potensi daerah Riau ini dan seperti apa upaya dari UMKM pada kegiatan-kegiatan yang diadakan Pemprov Riau. 

"Kami berharap kepada kabupaten kota untuk dapat bekerjasama dan menyesuaikan kegiatan di daerah masing-masing dengan penutupan harvesting mendatang," harapnya. 

Ia juga meminta kepada kabupaten kota saat melakukan kegiatan dalam rangka memeriahkan Gernas BBI dan BBWI ini untuk memakai logo Gernas BBI dan BBWI Provinsi Riau dengan tagline "Belanja dan Melancong Ke Riau Saja". (*)

 

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler