Kanal

Serahkan Hewan Qurban di Kampung Halaman, Bupati Kampar : Qurban Wujudkan Kepedulian Sosial

TAMBANG, Riauin.com - Hari raya di kampung halaman, Bupati Kampar H Azis Zaenal bersama keluarga melaksanakan sholat Idul Adha 1438H dan dilanjutkan menyerahkan hewan qurban kepada panitia masjid raya Nurul Huda, Desa Kuapan, Kecamatan Tambang.

Saat menyerahkan satu ekor kerbau tersebut, Bupati Kampar didampingi Hj Nur'aini dan keluarga di masjid Nurul Huda, Desa Kuapan, Kecamatan Tambang dan menyaksikan penyembelihan, Sabtu (02/09/2017).

Dari data panitia bahwa tahun ini total ada 10 ekor sapi dan tiga ekor kambing yang berasal dari para jema'ah masjid Nurul Huda Kuapan.

Hewan kerbau yang diserahkan oleh Bupati ini seberat lebih kurang 85 kg merupakan qurban Bupati Kampar dan sekeluarga serta untuk disalurkan dagingnya kepada masyarakat yang berjumlah lebih kurang 450 Kepala keluarga (KK)

Usai menyerahkan dan menyaksikan penyembelihan hewan qurban tersebut, Bupati Kampar H Azis Zaenal menjelaskan tentang makna dari berqurban.

"Bahwa inilah wujud ketaqwaan kita bersama, wujud nyata kepedulian sosial untuk saudara-saudara kita yang kondisinya kurang beruntung. Supaya mereka dapat merasakan limpahan rezeki yang diberikan kepada orang yang mampu berqurban," jelasnya.

Disampaikan Bupati, dalam intinya berkurban merupakan jalinan kebersamaan antara masyarakat yang mampu dengan yang kurang mampu untuk sama-sama merasakan nikmatnya daging yang di qurban.

"Barang siapa mau berqurban maka setiap tetes darah menjadi sarana pengampun dosa. Siapa yang mau menyembelih hewan qurban, maka setiap darah yang bertetes itu Allah akan mengampunkan dosa keluarganya," kata Azis.

Selain itu Azis juga menghimbau semoga kedepan kita yang mampu untuk lebih berqurban, karena harta yang kita qurbankan tidak akan menambah kita miskin, malah akan membawa harta kita bertambah.

"Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kampar kedepannya untuk dapat melaksanakan qurban khususnya bagi yang yang punya kemampuan, karena ini merupakan perwujudan akan ketaatan kepada Allah SWT dan kebersamaan antar sesama manusia," jelasnya.

Panitia qurban di masjid Nurul Huda melaksanakan penyembelihan, Sabtu karena waktunya lebih panjang dan tidak pada hari Jum'at atau tepatnya pada hari Idul Adha.

Mengingat akan terbatasnya waktu penyembelihan hewan qurban dan pelaksanaan dengan sholat Jum'at.

"Mengingat hari ini hari pendek untuk melaksanakan kegiatan, maka pelaksanaan penyembelihan dilakukan pada hari ini," ujar salah seorang panitia.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler