Kanal

Tiba di Jakarta, Rombongan Warga Riau dari Sudan Diterbangkan dengan Pesawat ke Pekanbaru

RIAUIN.COM - Kepala Badan Penghubung Provinsi Riau, Rido Adriansyah mengatakan bahwa rombongan kloter pertama warga Riau yang dievakuasi dari Sudan akan dipulangkan ke Pekanbaru menggunakan pesawat terbang, pada Sabtu (29/4/2023) besok.

"Sesuai arahan bapak Gubernur Riau Syamsuar, mengingat lamanya perjalanan yang ditempuh dari Sudan, maka mereka akan diberangkatkan dengan transportasi udara ke Pekanbaru, tidak jadi pakai bus," kata Rido Adriansyah.

Saat ini, rombongan warga Riau yang berhasil dievakuasi dari Sudan ini transit Asrama Haji Pondok Gede Jakarta untuk menjalani pendataan dan pemeriksaan kesehatan.

"Setelah pendataan selesai, Insya Allah akan segera diberangkatkan ke Pekanbaru pada hari Sabtu 29 April 2023," kata Rido Adriansyah.

Untuk diketahui, total warga Riau yang dievakuasi dari Sudan berjumlah 128 orang, terdiri dari 99 Laki-laki dan 29 Perempuan, termasuk 1 orang balita. Dari 128 orang, 41 orang di antaranya telah tiba di Tanah Air, Jumat (28/4/2023) pagi tadi.

Sementara itu, pemulangan rombongan warga Riau dari Jakarta ke Pekanbaru akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Sebelumnya, Pemprov Riau menyatakan akan menyediakan 3 bus untuk memobilisasi. Namun rencana ini diurungkan, karena Gubernur Riau Syamsuar telah menginstruksikan agar pemulangan warga Riau yang telah menempuh perjalanan jauh dari Sudan ini dipulangkan ke Pekanbaru dengan menggunakan pesawat terbang. (*)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler