Kanal

Ada 200 Pedagang, Pembagian Kios di Pasar Cik Puan Bakal Diundi

RIAUIN.COM - Pembangunan kios Pasar Cik Puan yang berada di Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru sudah mulai dikerjakan. Nantinya untuk pembagian kios akan dilakukan dengan sistem undi.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution Senin (13/3/2023). Ia mengatakan ada sekitar 220 pedagang yang akan menempati kios tersebut.

"Pembagian kiosnya nanti diundi ya," ujar Sekda, Senin (13/3/2024).

Disampaikan Sekda, adapun jumlah kios yang akan dibangun berjumlah sebanyak 220 unit sesuai dengan data pedagang yang aktif.

"Jadi semuanya (pedagang korban kebakaran) dapat. Sekarang, 220 pedagang ini masih berjualan di gedung (bangunan Pasar Cik Puan) yang terbengkalai itu," cakapnya.

Sebab berdasarkan pendataan ulang yang dilakukan, jumlah kios pedagang yang terbakar pada 19 Februari 2023 lalu hanya berjumlah 220 unit, bukan 400 unit.

"Jadi yang terbakar itu 220 (kios). 400 itu termasuk dengan (kios) di belakang (yang tidak terbakar)," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan membangun 220 kios di lokasi bekas kebakaran Pasar Cik Puan. Pembangunan pasar yang berada di Jalan Tuanku Tambusai tersebut ditargetkan selesai dalam waktu 2 minggu.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun usai meninjau Pasar Cik Puan, Ahad (12/3/2023). Ia mengatakan pembangunan dilakukan secara swakelola.

"Hari ini kita mengunjungi Pasar Cik Puan untuk memastikan lahan di sini siap untuk dibangun kembali," ujar Muflihun, Ahad (12/3/2023).

Ia mengatakan untuk pengerjaan sudah mulai dilakukan hari ini dan diharapkan dengan durasi 2 minggu pembangunan kios bisa selesai sehingga saat puasa sudah bisa ditempat oleh pedagang.

"Anggaran yang digunakan berasal dari dana Belanja Tak Terduga (BTT) dengan nilai anggaran sekitar Rp3 miliar. Untuk pengerjaan dilakukan secara swakelola dengan melibatkan unsur TNI," ucapnya.

Lanjut Muflihun, hingga saat ini tak ada kendala yang dihadapi dalam proses pembangunan kios.

"Nanti setelah jadi maka pedagang yang saat ini berjualan di gedung terbengkalai itu akan kembali dipindahkan ke kios. Harapan kita semua berjalan lancar dan proses pembangunan bisa segera selesai," harapnya. (*)

 

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler