Kanal

LAMR dan UPER Kerjasama Bidang Pendidikan Bagi Anak Riau di Daerah

RIAUIN.COM- Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) menerima kunjungan Universitas Pertamina (UPER) di ruang kerja Balai Adat MKA Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Kamis (5/1/2023) siang.

Kedatangan rombongan Universitas Pertamina diterima Ketua Umum MKA Datuk Seri HR Marjohan Yusuf, Ketua Umum DPH Datuk Seri H Taufik Ikram Jamil, Sekretaris Umum DPH, Datuk Jonnaidi Dasa, Bendahara Umum, Datuk Anton Surya Atmaja, Kepala Sekretariat, Datuk M Fadli, Kepala Dinas Kebudayaan H Yose Rizal Zein, Timbalan Ketum 1 DPH Datuk Tarlaili, Ketum Timbalan 2 DPH Datuk DR Firdaus, Ketua Bidang Penyelaras Pendidikan, Pengembangan Ilmu dan Teknologi Datuk Syaiful Anuar MPd, dan Humas DPH Datuk Alvie Abidin SH.

Sedangkan dari Universitas Pertamina, Rektor Universitas Pertamina Prof IGN Wiratmaja Puja, Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan dan Kerjasama Universitas Pertamina Prof Dr Ir Wawan Gunawan A Kadir MS, dan Sekretaris Universitas Pertamina M Roby Hervindo, SSos.

Kunjungan ini sebagai bentuk menjalin kerja sama dalam upaya meningkatkan SDM bidang pendidikan dan peningkatan mutu masyarakat tempatan, terutama bagi anak daerah terpelosok untuk mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi.

Rektor UPER, Prof IGN Wiratmaja Puja mengatakan, kedatangan ini merupakan suatu bentuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi anak-anak Riau, yang ada di daerah pelosok.

"Hari ini kami, datang ke Riau dalam rangka ingin menyampaikan bahwa Universitas Pertamina akan memberikan beasiswa bagi putra-putri Riau yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Salah satunya beasiswa dari kuliah awal hingga selesai di universitas," ujar Rektor.

Selain itu, pihak UPER akan menggabungkan program LAMR bagi masyarakat dan putra-putri daerah. "Kami berharap dengan kedatangan kami ke LAMR, dapat membantu kerja sama dalam dunia pendidikan, bagi masyarakat dan putra-putri terbaik yang ada di daerah, ingin melanjutkan jenjang perguruan tinggi," harapnya.

Sementara, Ketum MKA, Datuk Seri HR Marjohan Yusuf menangapi dengan baik kedatangan pihak Universitas Pertamina ke LAMR.

"Kami semua pengurus sangat berbangga diberi kepercayaan oleh pihak UPER untuk peningkatan SDM terutama di dunia pendidikan bagi putra-putri daerah," ujar Datuk Seri HR Marjohan.

Dia berharap dengan kedatangan pihak Universitas Pertamina ke Riau bisa menjalin kerja sama di semua bidang pendidikan bagi masyarakat.

"Kita berharap pihak Universitas Pertamina dapat menjalin kerja sama yang tertuang dalam MoU dengan LAMR terutama semua bidang pendidikan," harap Ketum MKA LAMR.

Hal senada juga dikatakan, Ketum DPH Datuk Seri H Taufik Ikram Jamil, LAMR tahun 2022 ini baru menjalankan semua program bagi masyarakat daerah. Program  itu mendapat sambutan baik oleh masyarakat.

"Kita ada beberapa program untuk pendidikan, berupa Kampung Adat yang artinya, bahwa kampung itu akan kita beri peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) -nya hingga mereka memberikan peningkatan bagi daerahnya. Selain itu kita berharap pihak Universitas Pertamina untuk mengadakan pengabdian masyarakat yang bekerjasama dengan LAMR dalam peningkatan daerah yang ada di Riau," ungkap Datuk Seri Taufik yang juga seorang mantan wartawan.

Pertemuan pun dilanjutkan dengan membahas beberapa program dari pendirian museum pendidikan, Poltek Pertamina, pengabdian masyarakat, hingga peningkatan ekonomi masyarakat. -rls

 

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler